Timnas U-23 Indonesia, Pujian untuk Potensi Asnawi Mangkualam

Kompas.com - 30/11/2019, 10:20 WIB
Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay seusai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay seusai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0.


KOMPAS.com - Penampilan apik Asnawi Mangkualam Bahar bersama timnas U-23 Indonesia pada SEA Games 2019 Filipina mengundang decak kagum rekan setim di PSM Makassar, Aaron Evans.

Pemain asal Australia tersebut kagum bagaimana pemain semuda Asnawi sudah meraih banyak pencapaian dalam kariernya yang masih terbilang "hijau".

"Saya rasa itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Pada usianya yang masih muda, ia sudah bermain bersama tim utama PSM Makassar," ucap Aaron kepada Kompas.com.

"Lalu, ia juga terpilih bergabung bersama tim nasional dan bermain bagus di sana. Saya pikir itu benar-benar pencapaian yang sangat luar biasa," katanya.

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia Vs Vietnam, Indra Sjafri Ingatkan Kebugaran

Sebagai rekan setim, Aaron melihat Asnawi memiliki bakat yang terpendam. Dengan kerja keras dan etos kerja yang bagus, tinggal masalah waktu saja bagi Asnawi untuk melejit.

Bahkan, mantan pemain Barito Putra tersebut melihat potensi Asnawi untuk bisa berkiprah di luar Indonesia.

"Dia adalah pemain yang fantasis dan sangat potensial. Pada masa depan, dia akan menjadi pesepakbola yang sukses, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain," katanya.

Tak lupa pemain 25 tahun tersebut memberikan wejangan kepada yuniornya. Ia meminta Asnawi untuk tidak cepat berpuas diri dan selalu haus ilmu baru.

Selain itu, ia mewanti-wanti agar Asnawi tetap membumi sehingga terhindar dari star syndrom yang biasa menjangkit wonderkid yang sedang naik daun.

Baca juga: SEA Games 2019, Timnas Putri Indonesia Dihajar 0-6 oleh Vietnam

"Saya pikir dia harus tetap berendah diri dan tetap fokus untuk melanjutkan apa yang dia mulai saat ini serta mengeluarkan kemampuan terbaik di atas lapangan untuk menjaga performa apiknya saat ini." katanya.

"Saya percaya kepadanya, dan saya yakin ia akan melakukan hal tersebut. Saya tidak sabar melihat perkembangannya dan melihatnya sebagai pemain sukses di masa depan. Saya berdoa agar dia selalu mendapatkan yang terbaik," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya