Pentingnya Kompetisi terhadap Persiapan Timnas U19 Menuju Piala Dunia U20

Kompas.com - 27/10/2020, 15:01 WIB
Skuad Timnas U19 Indonesia saat bertemu dengan Arab Saudi dalam laga uji coba di Kroasia, 11 September 2020. Dok. PSSISkuad Timnas U19 Indonesia saat bertemu dengan Arab Saudi dalam laga uji coba di Kroasia, 11 September 2020.

KOMPAS.com - Keberjalanan kompetisi memiliki peran penting dalam persiapan timnas U19 Indonesia menuju Piala Dunia U20 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam acara virtual yang digelar BaBe bertajuk " Piala Dunia U20 2021: Panggung Anak Muda Indonesia", Selasa (27/10/2020) pagi WIB.

Pada kesempatan tersebut, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa kompetisi, dalam hal ini Liga 1 dan Liga 2, bisa membantu persiapan timnas U19 Indonesia.

Dengan berkompetisi, para pemain bisa menjaga ritme penampilan yang terbentuk dari pemusatan latihan dan rangkaian uji coba, beberapa bulan terakhir.

Selain itu, para pemain Garuda Muda juga bisa memetik banyak pelajaran dari pemain senior dan legiun asing di klub.

Baca juga: Shin Tae-yong Ungkap Manfaat dari Digelarnya Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, pun bisa terbantu dengan adanya kompetisi.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut bisa memantau perkembangan pemain selama membela klub, sambil melihat jika ada sosok yang berpotensi memperkuat timnas U19 Indonesia.

Namun, peran penting kompetisi belum bisa dirasakan oleh skuad Garuda Muda. Sebab, Liga 1 Liga 2 masih dalam masa penangguhan akibat pandemi Covid-19.

Sampai saat ini belum ada kepastian soal jadwal kelanjutan kompetisi.

Baca juga: Rencana Shin Tae-yong Buat Timnas U19 Indonesia jika Liga 1 dan Liga 2 Tak Bergulir

Menurut Mochamad Iriawan, situasi ini menyulitkan ritme penampilan timnas U19 Indonesia.

Halaman:


Sumber PSSI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X