Wasit Liga 1 Oki Dwi Putra Berdagang Buah Selama Penangguhan Kompetisi

Kompas.com - 07/10/2020, 16:20 WIB
Wasit Oki Dwi Putra pada Final Piala Presiden 2019, Senin (15/4/2019) PSSIWasit Oki Dwi Putra pada Final Piala Presiden 2019, Senin (15/4/2019)

BANDUNG, KOMPAS.com - Pandemi virus corona berdampak besar pada seluruh sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali sepak bola.

Sejak Maret 2020, seluruh aktivitas sepak bola di Tanah Air dihentikan. Situasi tersebut tentunya menyulitkan bagi para pelaku sepak bola Indonesia. Mereka harus memutar otak agar perekonomian keluarga tetap berjalan.

Salah satu wasit Liga 1, Oki Dwi Putra, mengaku pendapatannya menurun drastis. Oki tak patah arang, wasit asal Bandung itu kemudian mencoba peruntungan dengan menjadi suplier buah-buahan.

"Inilah, paling saya sibuk sedikit usaha di bidang buah-buahan. Saya mencoba beralih ke sana dan ada hikmah. Bukan bagi saya saja, tapi bagi semuanya (keluarga) ketika kami di suatu pekerjaan yang ada pasang surutnya nah itu kesempatan untuk beralih ke bidang lain," kata Oki.

Biasanya Oki memasok buah-buahan segar ke sejumlah supermarket di Bandung. Kegiatan tersebut, sudah dilakoninya sejak masa awal kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan. Oki menuturkan, dirinya mendapatkan pasokan buah segar dari salah satu pemasok di Bandung.

"Semenjak pertama Covid saja, pas mulai PSBB. Saya memasok ke supermarket. Saya dapatkan buah ini dari pemasok dari Bandung sini. Grade A juga buah buahannya," ungkap Oki.

Baca juga: Permintaan Presiden Persebaya Sebelum Liga 1 2020 Dilanjutkan

Meski begitu, ada kendala yang sempat dihadapi Oki. Dia mengaku bukan perkara mudah bisa memasok buah-buahan ke supermarket. Pasalnya, pada masa awal PSBB banyak supermarket di Bandung yang tutup.

Kendati demikian, Oki tak hilang akal. Dia juga memasarkan dagangannya itu melalui online.

Dari hasil penjualan buah tersebut, Oki bisa mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-sehari.

Selain itu, dari berjualan buah-buahan segar juga Oki bisa mengajak keluarganya untuk menggalakkan gaya hidup sehat, dengan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X