Gagal Lagi Melihat Racikan Shin Tae-yong di Timnas

Kompas.com - 12/08/2020, 18:59 WIB
Irfan Bachdim saat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat 14 Februari 2020. BOLASPORT.COM/ Muhammad Alif Aziz MardiansyahIrfan Bachdim saat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat 14 Februari 2020.
|

KOMPAS.COM - Konfederasi Sepak bola Asia ( AFC) menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 babak kedua. 

Awalnya laga kualifikasi digelar Oktober dan November 2020, tetapi akhirnya ditunda menjadi tahun 2021.

“Mengingat situasi Covid-19 saat ini di banyak negara, FIFA, dan AFC telah sepakat untuk memutuskan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala Asia 2023, yang awalnya dijadwalkan pada Oktober-November 2020, akan dijadwalkan ulang pada 2021,” tulis AFC di website resminya.

“Dengan tujuan melindungi kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau secara dekat situasi di negara peserta dan mengidentifikasi tanggal baru untuk masing-masing pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023,” tambah AFC dalam pernyataannya.

Dengan demikian, Shin Tae-yong kembali gagal melakoni debutnya membesut timnas di pentas internasional.  

Timnas Indonesia yang berada di grup G masih menyisakan tiga pertandingan yakni melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Tiga pertandingan ini awalnya akan dimainkan pada 8 serta 13 Oktober, dan 12 November.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI menghormati keputusan AFC dan FIFA. 

“PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga telah ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.

 

Soal turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 2020, hingga saat ini AFC masih menjadwalkan dua turnamen itu digelar sesuai jadwal.

Piala AFC U-19 dijadwalkan digelar pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan. Untuk Piala AFC U-16 dihelat pada 25 November hingga 12 Desember mendatang.

PSSI mendapat informasi dari AFC bahwa masih menjadwalkan turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 2020 sesuai jadwal. Namun demikian hal tersebut bisa menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC.

Setiap federasi dan negara anggota AFC diperkenankan untuk memberikan masukan terkait kedua turnamen tersebut, hal ini sangat baik karena PSSI ada pak Endri Erawan (Exco PSSI) yang menjadi anggota Komite Kompetisi AFC,” tambah Iriawan.

Saat ini, tiga timnas Indonesia (Senior, U-19, dan U-16) melakoni pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Bekasi. Dua timnas (Senior dan U-19) dibawah komando pelatih Shin Tae-yong dan timnas U-16 dipimpin Bima Sakti.



Sumber PSSI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X