Persib Rancang Strategi Hadapi Jadwal Padat Kompetisi

Kompas.com - 11/08/2020, 17:40 WIB
Tim Persib Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHATim Persib Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah sempat ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020, gelaran Liga 1 2020 akan kembali bergulir pada 1 Oktober mendatang. Penyelenggaraan kompetisi strata tertinggi sepak bola Indonesia itu ditargetkan berakhir pada pertengahan Februari 2021.

Melihat rentang waktu penyelenggaraan, sisa pertandingan pada kompetisi musim ini akan dimainkan dalam kurun waktu lima bulan. Situasi tersebut, membuat klub harus bersiap menghadapi jadwal pertandingan pada di kompetisi.

Baca juga: Tekad Persib Pertahankan Performa Positif di Liga 1 2020

Pasalnya, rata-rata kesebelasan baru memainkan tiga pertandingan, masih ada 31 laga yang belum mereka mainkan. Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya, bahkan baru memainkan dua laga, sehingga kedua klub masih memiliki 32 pertandingan sisa.

Bisa dibilang, untuk mencapai target kompetisi berakhir pada Februari 2021, setiap kesebelasan harus memainkan dua sampai tiga pertandingan pada setiap pekannya.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, angkat bicara mengenai situasi tersebut. Pelatih asal Belanda itu mengatakan, penyelenggaraan kompetisi musim ini akan berlangsung lebih padat dari sebelumnya.

Oleh karena itu, dia dan tim pelatih Persib tengah merancang formula agar Supardi Nasir dkk bisa melalui jadwal pertandingan padat di kompetisi dengan maksimal.

"Itu yang harus menjadi sebuah perhatian kami, karena liga akan selesai di bulan Februari jadi kompetisi akan sangat sibuk, tanpa jeda istirahat. Seperti tanding, pemulihan, tanding, pemulihan dan itu dilakukan terus menerus," kata Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).

"Menarik untuk melihat bagaimana kami bisa menghadapi itu, dan enam pekan dari sekarang kami harus memastikan tim siap untuk berkompetisi di liga yang sangat padat dan sibuk, jadwalnya kompetisi hanya digelar dalam lima bulan," sambung dia.

Persib sudah mulai menggelar persiapan menghadapi kelanjutan kompetisi pada awal Agustus 2020. Klub berjulukan Maung Bandung itu sudah menggelar sesi latihan perdananya setelah jeda kompetisi pada Senin (10/8/2020).

Ada dua bulan waktu persiapan yang dimiliki Persib. Alberts berharap, para pemainnya bisa menunjukkan performa yang maksimal dalam setiap sesi latihan yang dijalani. Meski kompetisi sempat rehat selama lima bulan, para pemain harus tetap menjalani program latihan yang disesuaikan dengan kelanjutan kompetisi. Artinya, bukan mengulang lagi dari awal seperti masa pramusim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X