Mengenang Transfer Van der Sar ke Man United, Awal Terciptanya Rekor Baru

Kompas.com - 07/06/2020, 16:30 WIB
Mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar, kala merengkuh trofi Community Shield, 5 Agustus 2007. AFP/ADRIAN DENNISMantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar, kala merengkuh trofi Community Shield, 5 Agustus 2007.

KOMPAS.com - Kiper asal Belanda, Edwin van der Sar, berlabuh ke Manchester United pada awal musim 2005-2006.

Sebelum berkarier di Inggris, dia terlebih dulu membela dua klub papan atas Eropa, Ajax Amsterdam (1990-1999) dan Juventus (1999-2001).

Setelah lama merumput di kompetisi Belanda dan Italia, Van der Sar kemudian mulai menjajal Liga Inggris bersama Fulham, sejak 2001 hingga 2005.

Penampilan impresif Van der Sar yang sejatinya sudah terpantau Man United sebelum ia bergabung dengan Juventus membulatkan tekad Alex Ferguson untuk memboyongnya ke Old Trafford.

Di mata Alex Ferguson, Van der Sar merupakan penjaga gawang yang memiliki kemampuan komplit.

"Van der Sar punya ketenangan, kekokohan, penguasaan bola, dan kemampuan mengorganisasi," tulis Alex Ferguson dalam buku autobiografinya.

"Gaya menjaga gawangnya berbeda tetapi tetap sangat berharga. Dia memberikan pengaruh baik untuk rekan-rekan di sekelilingnya," imbuh pelatih yang pensiun pada 2013 tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Thibaut Courtois Sebut Casillas dan Van der Sar adalah Panutan dalam Kariernya

Keyakinan Alex Ferguson pada kemampuan Van der Sar berdampak positif terhadap lini pertahanan Manchester United.

Kendati sempat mengalami kesulitan, Van der Sar dianggap sebagai pengganti ideal kiper legendaris asal Denmark, Peter Schmeichel.

Hal itu terbukti setelah Van der Sar berhasil merengkuh trofi Piala Liga Inggris, gelar pertamanya bersama Manchester United.

Halaman:


Sumber Squawka
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.