Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

De Gea Ulangi Kisah Heroik Van der Sar dalam Final 2011

Kompas.com - 22/02/2018, 07:58 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Kiper Manchester United, David De Gea, kembali menjadi pahlawan setelah sukses menggagalkan banyak peluang Sevilla pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2017-2018. Alhasil, Man United bermain imbang 0-0 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevill, Rabu (21/2/2018) atau Kamis dini hari WIB itu.

Skor tersebut bisa dibilang sebagai hasil maksimal bagi Man United mengingat sepanjang laga mereka hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran dari enam percobaan. Sedangkan Sevilla yang mampu menciptakan 25 tembakan dengan delapan shots on target tidak mampu menghasilkan sebiji gol pun.

Kegagalan Sevilla itu tidak lepas dari penampilan apik De Gea di bawah mistar gawang Man United. Kiper berusia 27 tahun itu berhasil menggagalkan delapan peluang yang dimiliki tuan rumah dan beberapa di antaranya diselamatkan secara gemilang.

Delapan penyelamatan dalam satu pertandingan Liga Champions tersebut ternyata menjadi pencapaian tersendiri bagi De Gea. Pasalnya, jumlah penyelamatan tersebut membuat dia menandingi pencapaian kiper terdahulu Man United, Edwin van der Sar.

Dalam ajang Liga Champions, Van der Sar juga pernah melakukan delapan penyelamatan dalam satu pertandingan. Bahkan hal tersebut dilakukan Van der Sar dalam partai final musim 2010-2011 menghadapi FC Barcelona di Stadion Wembley.

Aksi kiper Manchester United, Edwin van der Sar, saat melakukan salah satu penyelamatan dariserangan FC Barcelona pada laga final Liga Champions 2010-2011 di Stadion Wemblay, London, Inggris, pada 28 Mei 2011.FRANCK FIFE/AFP Aksi kiper Manchester United, Edwin van der Sar, saat melakukan salah satu penyelamatan dariserangan FC Barcelona pada laga final Liga Champions 2010-2011 di Stadion Wemblay, London, Inggris, pada 28 Mei 2011.

Meski Man United harus merelakan gelar terbang ke Spanyol setelah kalah 1-3, Man United beruntung memiliki Van der Sar di bawah mistar gawang. Barcelona yang tampil kesetanan dalam laga tersebut menciptakan 19 tembakan yang 12 di antaranya tepat sasaran dan delapan di antaranya berhasil digagalkan Van der Sar.

Tiga peluang Barcelona yang berhasil berbuah gol dicetak oleh Pedro Rodriguez, Lionel Messi dan David Villa. Sementara itu, Man United hanya memiliki empat peluang dengan satu tembakan tepat sasaran sepanjang laga itu yang hanya membuahkan gol melalui aksi Wayne Rooney. (Verdi Hendrawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com