Hati-hati, Bundesliga Bisa Bangkrut!

Kompas.com - 26/05/2020, 08:24 WIB
Pemain depan Swedia Mainz, Robin Quaison, mengontrol bola selama pertandingan sepak bola Bundesliga divisi satu Jerman, SC Freiburg v Mainz 05 di Freiburg, Jerman selatan, pada 17 Agustus 2019. AFP/THOMAS KIENZLEPemain depan Swedia Mainz, Robin Quaison, mengontrol bola selama pertandingan sepak bola Bundesliga divisi satu Jerman, SC Freiburg v Mainz 05 di Freiburg, Jerman selatan, pada 17 Agustus 2019.

BERLIN, KOMPAS.com - Pandemi corona yang belum usai bisa menjadi ancaman bagi perjalanan Bundesliga yang sudah memulai kembali kompetisi pada Sabtu (16/5/2020).

"Sebagai pengelola, Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) bisa bangkrut," kata Manajer Keuangan DFB Stephan Osnabruegge.

Baca juga: Dortmund Vs Bayern, Jalan Terjal Reus dkk Raih 7 Kemenangan Beruntun Bundesliga

Osnabruegge membeberkan hitung-hitungannya.

Pemain Hertha Berlin merayakan kemenangan 4-0 atas Union Berlin pada laga pekan ke-27 Bundesliga, kasta teratas Liga Jerman di Stadion Olimpiade Berlin, Jumat, 22 Mei 2020.AFP/ STUART FRANKLIN Pemain Hertha Berlin merayakan kemenangan 4-0 atas Union Berlin pada laga pekan ke-27 Bundesliga, kasta teratas Liga Jerman di Stadion Olimpiade Berlin, Jumat, 22 Mei 2020.

Musim ini, 2019-2020, DFB harus mampu mendapat pemasukan 96,5 juta euro.

Sementara, diperkirakan, total kerugian DFB bisa mencapai 77 juta euro.

Raphael Guerreiro saat berhasil menciptakan gol pembuka dalam laga Wolfsburg vs Borussia Dortmund, Sabtu (23/5/2020) malam WIB.AFP/MICHAEL SOHN Raphael Guerreiro saat berhasil menciptakan gol pembuka dalam laga Wolfsburg vs Borussia Dortmund, Sabtu (23/5/2020) malam WIB.

Dari total rencana pemasukan itu, pemerintah Jerman sudah membantu 13,8 juta euro.

Osnabruegge mengatakan bahwa DFB juga menghindari pemecatan karyawan.

Namun, faktanya, beberapa staf sudah mengalami pengurangan jam kerja per 1 Mei 2020.

Sementara itu, rencana kenaikan gaji mengalami penundaan.

Para pemain RB Leipzig ketika merayakan gol ketika kontra FC Cologne Para pemain RB Leipzig ketika merayakan gol ketika kontra FC Cologne

Malahan, manajemen DFB justru menyepakati pengurangan gaji hingga 30 persen.

Postur DFB pada 2019 menunjukkan bahwa anggota DFB mencapai 7,1 juta dengan 149.735 tim terdaftar di 24.544 klub.

Para pemain Monchengladbach merayakan gol rekan satu timnya selama pertandingan sepakbola Bundesliga divisi satu Jerman, VfL Wolfsburg v Borussia Moenchengladbach di Wolfsburg, pada 15 Desember 2019.AFP/JOHN MACDOUGALL Para pemain Monchengladbach merayakan gol rekan satu timnya selama pertandingan sepakbola Bundesliga divisi satu Jerman, VfL Wolfsburg v Borussia Moenchengladbach di Wolfsburg, pada 15 Desember 2019.

"Ini organisasi olahraga terbesar di Jerman menilik dari postur tersebut," kata Stephan Osnabruegge.

Sementara, liga profesional sudah memulai kembali putaran kompetisinya, kasta liga yang lebih rendah masih menanti jadwal baru berkompetisi kembali sejak penundaan pada Maret tahun ini.

Gelandang Freiburg, Janik Haberer (kanan), mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen yang dikawal Manuel Neuer, dalam pertandingan Bundesliga di Freiburg, Jerman, Minggu (20/1/2017).THOMAS KIENZLE/AFP Gelandang Freiburg, Janik Haberer (kanan), mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen yang dikawal Manuel Neuer, dalam pertandingan Bundesliga di Freiburg, Jerman, Minggu (20/1/2017).



Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X