Melirik Pemilik Tottenham, Salah Satu Sosok Misterius di Liga Inggris

Kompas.com - 19/05/2020, 12:20 WIB
Pemilik Tottenham, Joe Lewis, bermain golf di Lapangan Golf Turnberry Hotel pada Juli 1997. FOOTBALL.LONDONPemilik Tottenham, Joe Lewis, bermain golf di Lapangan Golf Turnberry Hotel pada Juli 1997.

KOMPAS.com - Joe Lewis merupakan salah satu pemilik klub paling misterius di Liga Inggris. Owner Tottenham Hotspur itu hampir tak pernah berbicara di hadapan media.

Nama Daniel Levy selalu muncul apabila membicarakan Tottenham, mulai dari pembelian pemain baru, pergantian pelatih, atau pun saat pembukaan stadion baru Tottenham.

Football.London bahkan sampai mengatakan nama Joe Lewis naik ke permukaan hanya 1-2 kali per tahun, yakni saat The Times mengeluarkan daftar orang terkaya tahunan mereka atau kala yacht super mewahnya bersender di bantaran Sungai Thames.

Joe Lewis tercatat sebagai orang ke-375 terkaya di dunia dengan Forbes menaksir asetnya di angka 3,85 miliar pound.

Kendati kerap berdiskusi dan memengaruhi keputusan Daniel Levy sang Chairman, Lewis hampir tak pernah berkomentar depan media.

Baca juga: Kapten Tottenham Punya Anjing Penjaga Baru Seharga Rp 269 Juta

Joe Lewis memiliki lebih dari 200 aset di 15 negara. Salah satunya adalah ENIC - English National Investment Company - yang memiliki 85,5 persen saham di Tottenham.

Pria yang membangun kekayaannya dari perdagangan, intestasi, dan bisnis properti ini memiliki 70,6 persen saham di ENIC.

Sosok yang kini berusia 83 tahun tersebut juga berteman dengan aktor legendaris Sir Sean Connery sementara pegolf Tiger Woods menganggapnya sebagai mentor bisnis.

Rekan dekat Lewis mengatakan bahwa ia adalah seorang "pejudi."

"Jika ingin bermain golf dengannya, ia hanya ingin bermain untuk uang. Jika kalah, ia akan sangat sangat marah dan ingin terus bermain," tutur rekan yang enggan disebut namanya tersebut pada sebuah artikel di Guardian pada 2008.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X