Salin Artikel

Melirik Pemilik Tottenham, Salah Satu Sosok Misterius di Liga Inggris

KOMPAS.com - Joe Lewis merupakan salah satu pemilik klub paling misterius di Liga Inggris. Owner Tottenham Hotspur itu hampir tak pernah berbicara di hadapan media.

Nama Daniel Levy selalu muncul apabila membicarakan Tottenham, mulai dari pembelian pemain baru, pergantian pelatih, atau pun saat pembukaan stadion baru Tottenham.

Football.London bahkan sampai mengatakan nama Joe Lewis naik ke permukaan hanya 1-2 kali per tahun, yakni saat The Times mengeluarkan daftar orang terkaya tahunan mereka atau kala yacht super mewahnya bersender di bantaran Sungai Thames.

Joe Lewis tercatat sebagai orang ke-375 terkaya di dunia dengan Forbes menaksir asetnya di angka 3,85 miliar pound.

Kendati kerap berdiskusi dan memengaruhi keputusan Daniel Levy sang Chairman, Lewis hampir tak pernah berkomentar depan media.

Joe Lewis memiliki lebih dari 200 aset di 15 negara. Salah satunya adalah ENIC - English National Investment Company - yang memiliki 85,5 persen saham di Tottenham.

Pria yang membangun kekayaannya dari perdagangan, intestasi, dan bisnis properti ini memiliki 70,6 persen saham di ENIC.

Sosok yang kini berusia 83 tahun tersebut juga berteman dengan aktor legendaris Sir Sean Connery sementara pegolf Tiger Woods menganggapnya sebagai mentor bisnis.

Rekan dekat Lewis mengatakan bahwa ia adalah seorang "pejudi."

"Jika ingin bermain golf dengannya, ia hanya ingin bermain untuk uang. Jika kalah, ia akan sangat sangat marah dan ingin terus bermain," tutur rekan yang enggan disebut namanya tersebut pada sebuah artikel di Guardian pada 2008.

Football.London bahkan harus mencari artikel hingga 1998 untuk menemukan kutipan dari dirinya.

"Saya pikir salah satu hadiah dari kesuksesan adalah Anda bisa menikmatinya diam-diam. Muncul di halaman depan koran tak mengizinkan itu," tuturnya kepada New York Times pada 1998.

"Misteri saya adalah tak ada yang benar-benar menarik tentang saya. Saya tak senang berbagi kisah saya dengan sisa dunia."

Salah satu penanda bahwa Joe Lewis ada di London adalah keberadaan super yacht sepanjang 98 meter yang ia miliki bernama "Aviva".

Joe Lewis telah memiliki empat super yacht bernama Aviva dengan kapal terbarunya memiliki lapangan padel tenis (olahraga hibrid antara tenis dan squash) sepanjang 20 meter kali 10 meter dengan atap setinggi 6,5 meter.

Ia mengutarakan bahwa dirinya senang bekerja di yacht tersebut dan menganggapnya sebagai kantor bergerak.

"Aviva lebih dari sebuah kantor, ia adalah rumah bagi saya hampir sepanjang tahun. Bagi saya sangat menenangkan bekerja dari rumah, di mana pun Aviva berada di dunia."

Joe Lewis pernah mengundang para pemain Tottenham ke super yacht tersebut. Michael Dawson bercerita mengenai pengalamannya bertemu Joe Lewis di Aviva pada tur pramusim klub di Bahama pada Mei 2013.

"Saya belum pernah bertemu dia sebelumnya, jadi ini pengalaman hebat," ujar mantan bek tersebut.

"Ia orang yang baik. Yacht itu luar biasa! Namun, ia hanya orang normal. Anda bisa berbicara kepadanya soal apapun."

"Ia menonton pertandingan-pertandingan kami dan menyukainya. Kami hanya mengobrol dengannya. Ia membuat kami merasa di rumah dan sangat menyenangkan. Banyak acara team bonding bersama," lanjutnya.

"Sangat membantu bisa bertemu muka dengan orang yang menginvestasikan banyak uang agar klub ini sukses. Ia selalu menonton kami. Ia tahu apa yang terjadi. Ia ingat semua laga, semua hal kecil," tutur Dawson lagi.

https://bola.kompas.com/read/2020/05/19/12200018/melirik-pemilik-tottenham-salah-satu-sosok-misterius-di-liga-inggris

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.