Menpora Luncurkan Program Senam SAH agar Masyarakat Tetap Sehat

Kompas.com - 25/04/2020, 18:31 WIB
Politisi Partai Golkar Zainuddin Amali mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPolitisi Partai Golkar Zainuddin Amali mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).
|

KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) meluncurkan program senam Stay At Home (SAH). Program ini digagas oleh Menpora Zainuddin Amali bersama jajarannya di Kemenpora. 

Tujuan dari program SAH agar masyarakat bisa tetap produktif dan sehat meskipun semua kegiatan dilakukan di rumah. Pemerintah memang meminta masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.  

Program ini timbul dari pemikiran bahwa berkegiatan di rumah saja bisa membuat masyarakat terkena penyakit tertentu karena imbas kurang gerak.

Untuk itu, perlu bagi pemerintah menyiapkan pilihan olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah selama menghadapi Covid-19, salah satunya senam SAH ini.

Baca juga: Kemenpora Hormati Keputusan IOC soal Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

"Ya ini idenya dari saat ada anjuran untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah juga di rumah, apalagi kalau wilayah itu sudah diberlakukan PSBB. Karena itu, hampir seluruh waktunya di rumah. Kami dari Kemenpora mencoba untuk membuat contoh kecil tentang senam dari rumah," kata Menpora Zainudin Amali, Sabtu (25/4/2020).

Senam SAH ini terdiri dari tiga bagian, yakni pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Program ini digagas oleh Kemenpora melalui Deputi Pembudayaan Olahraga yang memang bertugas untuk terus membangkitkan dan meningkatkan minat olahraga masyarakat.

"Dengan demikian, kita bisa tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin mengisi waktu luangnya dengan sedikit berekreasi, maka kami adakan lomba kreasi senam seperti contoh yang ada itu," tutur dia. 

"Kalau ada yang berminat, selamat mencoba dan mengikuti lomba senam dari rumah," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta memaparkan bahwa rencana untuk menggelar lomba senam kreasi seperti yang disebutkan Menpora Amali memang benar.

Menurut pria asal Kulon progo itu, senam SAH untuk lomba yang dinilai hanya gerakan inti saja.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X