Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CONCACAF Tunda Final Nations League dan Kualifikasi Gold Cup

Kompas.com - 04/04/2020, 18:40 WIB
Kevin Topan Kristianto,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF) resmi menunda penyelenggaran Final Nations League CONCACAF dan kualifikasi Piala Emas atau Gold Cup.

Keputusan itu diambil oleh CONCACAF setelah berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) terkait pandemi virus corona yang tengah mewabah hampir di berbagai negara dunia.

"Mengingat situasi kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung, dan setelah berkonsultasi dengan FIFA mengenai kalender sepak bola internasional, kami telah membuat keputusan untuk menangguhkan final Liga Bangsa-Bangsa Concacaf, yang dijadwalkan pada tanggal 4 - 7 Juni 2020 di wilayah Houston dan Dallas," demikian pernyataan resmi CONCACAF.

"Acara yang meliputi tim nasional putra Kosta Rika, Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat, akan dijadwalkan kembali untuk berlangsung pada kemudian hari di tempat-tempat yang akan ditentukan."

Baca juga: Presiden FIFA: Sepak Bola Akan Berbeda Setelah Krisis Corona

"Hal ini akan dikonfirmasikan setelah diskusi lebih lanjut dengan FIFA mengenai sisa jendela internasional dalam kalender sepak bola, dan tentunya sampai pihak otoritas kesehatan menyatakan aman untuk menyelenggarakan turnamen tersebut," tutur bunyi pernyataan resmi CONCACAF.

Selain menunda Final Nations League, CONCACAF juga menangguhkan pertandingan kualifikasi Piala Emas atau Gold Cup yang dijadwalkan dihelat pada Juni 2020 mendatang.

Flow Caribbean Club Championship atau Piala Champions Kejuaraan Sepak Bola Karibia yang dijadwalkan pada Mei 2020 juga ditangguhkan.

"Selain itu, mengikuti pertimbangan dan diskusi yang sama dengan FIFA, kami telah membuat keputusan untuk menangguhkan pertandingan kualifikasi Road to Gold Cup yang dijadwalkan di jendela internasional Juni dan Flow Caribbean Club Championship yang dijadwalkan untuk Mei," tutur pernyataan resmi CONCACAF mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com