Seharga Rp 23,6 Triliun, Liverpool Jadi Klub Paling Bernilai di Eropa

Kompas.com - 17/03/2020, 13:20 WIB
Para pemain Liverpool mengheningkan cipta untuk mengenang pemain sepak bola Spanyol, Jose Antonio Reyes, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, sebelum pertandingan sepak bola final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019. AFP/GABRIEL BOUYSPara pemain Liverpool mengheningkan cipta untuk mengenang pemain sepak bola Spanyol, Jose Antonio Reyes, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, sebelum pertandingan sepak bola final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019.

KOMPAS.com - Liverpool disebut sebagai tim paling bernilai di Eropa dengan nilai 1,4 miliar euro atau setara Rp 23,6 triliun.

Menurut CIES Football Observatory, lonjakan nilai Liverpool berkat torehan positif pasukan Juergen Klopp itu pada tahun lalu.

Liverpool mengklaim tiga trofi tahun lalu yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Selain itu, dominasi Liverpool sepanjang pagelaran Liga Inggris musim ini juga membuat harga tim dan para pemain meningkat.

Baca juga: Sedia Rp 2,51 Triliun, Real Madrid Siap Boyong Sadio Mane dari Liverpool

Peningkatan nilai klub dan pemain didapat dari sejumlah variabel yakni usia pemain, performa, nilai ekonomi klub, dan inflasi yang membuat nilai pemain bertambah.

Dilansir dari BBC, CIES Football Oservatory memilih Liverpool sebagai skuad dengan nilai paling tinggi di bursa transfer dari liga liga top Eropa.

Dengan nilai Rp 23,6 triliun, Liverpool berada di puncak daftar klub paling bernilai, di atas Manchester City yang senilai Rp 22,8 triliun.

Chelsea menyusul di posisi kelima dengan harga sebesar 1,008 miliar euro atau setara Rp 16,9 triliun.

Manchester United tepat di bawah The Blues, julukan Chelsea, dengan selisih tipis yakni senilai 1,007 miliar euro.

Adapun Tottenham Hotspur berada di urutan ke-9 dengan nilai sebesar 787 miliar euro atau Rp 13,2 triliun.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X