Ini Syarat Organisasi Olahraga Kekinian

Kompas.com - 13/12/2019, 16:03 WIB
Kontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANAKontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi olahraga kekinian, menurut hemat Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora Herman Chaniago harus selaras dengan kemajuan dan sentuhan ilmu pengetahuan teknologi (iptek).

Ini menjadi syarat yang kian mengemuka di zaman sekarang.

Baca juga: Rencana Indra Sjafri Usai Raih Medali Perak untuk Timnas U23 Indonesia

"Makanya, harus ada cetak biru dan strategi dalam pengembangan olahraga di masing-masing organisasi dalam lima tahun ke depan," tutur Herman pada Pelatihan Manajemen Olahraga, hari ini, sebagaimana warta laman antaranews.com.

Personil Polda Sulsel, Briptu Andi Try Sandi Saputra meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina.Dokumentasi Polda Sulsel Personil Polda Sulsel, Briptu Andi Try Sandi Saputra meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Pelatihan yang berlangsung hingga Sabtu (14/12/2019) diikuti 100 pesert dari 50 organisasi olahraga di Indonesia.

Narasumber pada pelatihan ini antara lain Prof.Dr. Hari Amirullah dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Supersoccer Euro Futsal Championship 2019 sudah memasuki tahap grand final.Dok. Supersoccer Euro Futsal Championship Supersoccer Euro Futsal Championship 2019 sudah memasuki tahap grand final.

Materi yang diberikan mencakup bidang standardisasi kurikulum dan akreditasi kepelatihan.

Materi yang lainnya adalah akreditasi organisasi olahraga.

Sejumlah seniman membawakan tari khas warga Filipina dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021.ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA Sejumlah seniman membawakan tari khas warga Filipina dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021.

Sementara itu, Herman mengatakan, akreditasi adalah kewajiban yang menjadi mandat undang-undang.

Akreditasi juga menjadi salah satu instrumen menilai kualitas kinerja organisasi.

Kontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021.ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA Kontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021.

"Dari hasil akreditasi ini, organisasi dapat melakukan perbaikan," kata Herman yang dalam kesempatan itu didampingi Ketua Panitia Pelatihan, Haryanto.

Haryanto mengingatkan bahwa pemerintah memiliki Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK).

BSANK salah satunya berfungsi memberikan akreditasi terhadap isi program penataan tenaga keolahragaan dan organisasi olahraga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X