Klopp Kritik Penggunaan VAR di Forum Pelatih UEFA

Kompas.com - 12/11/2019, 22:20 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tiba jelang pertandingan Liverpool vs Man City dalam Community Shield 2019 di Stadion Wembley, 4 Agustus 2019. AFP/ADRIAN DENNISPelatih Liverpool, Juergen Klopp, tiba jelang pertandingan Liverpool vs Man City dalam Community Shield 2019 di Stadion Wembley, 4 Agustus 2019.

KOMPAS.com - Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, secara terbuka mengkritik penggunaan Video Assistant Referee ( VAR) di depan forum pelatih UEFA.

Forum tersebut berlangsung di kantor pusat UEFA yang berada di Nyon, Swiss, Senin (11/11/2019) waktu setempat.

Dalam forum itu, banyak pelatih tim Eropa turut hadir, seperti Pep Guardiola (Manchester City) dan Carlo Ancelotti (Napoli).

Ketika diberikan kesempatan bicara, Klopp lebih banyak mengutarakan pendapat soal VAR. Menurutnya, penggunaan VAR masih banyak permasalahan, terutama ketika wasit mengambil keputusan dalam pertandingan.

"VAR masih bisa diperbaiki. VAR memang tidak mungkin 100 persen akurat. Tapi, ada beberapa aspek yang tidak benar dalam penggunaan VAR sekarang," kata Klopp dikutip dari situs web talkSPORT.

"Dengan VAR, handball dan offside akan terlihat jelas. Saya senang UEFA ada upaya untuk memperbaiki penggunaan VAR terutama dalam pengaruh keputusan wasit. VAR seharusnya mempermudah wasit memimpin," ujar Klopp menambahkan.

Baca juga: Juergen Klopp Tidak Mendapat Restu Melatih Manchester United

Di musim ini, VAR memang baru kali pertama diberlakukan di Liga Inggris. Namun, penggunaan VAR justru beberapa kali menimbulkan kontroversi di sebuah laga.

Terbaru, kontroversi terjadi pada laga Liverpool vs Manchester City dalam pekan ke-12 Liga Inggris, Minggu (10/11/2019).

Seusai laga itu, Pep Guardiola dalam konfrensi pers menilai, wasit membuat dua keputusan salah sehingga timnya takluk 1-3.

Dua keputusan itu terkait pelanggaran yang dilakukan pemain Liverpool di kotak penalti.
Guardiola merasa Man City berhak mendapat dua penalti saat Trent Alexander-Arnold menyentuh bola dengan tangan dan Raheem Sterling dijatuhkan.

Guardiola mengaku kecewa karena wasit tidak melihat tayangan VAR terlebih dahulu sebelum memutuskan tidak penalti.

Baca juga: Liverpool Vs Man City, Klopp Tak Lihat Handball, tetapi...

Pada laga itu, terlihat Guardiola bereaksi keras di babak kedua sambil menunjukkan gestur dua tangan ke asisten wasit.

Keputusan itu semakin menjadi kontroversial saat Arnold mengakui bahwa bola menyentuh tangannya seperti yang diprotes Guardiola.

Namun, Arnold membela diri sebab bola terlebih dahulu menyentuh tangan gelandang Man City, Bernardo Silva.



Sumber TalkSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X