Timnas U-19 Indonesia Vs China, Alasan Fakhri Husaini Pilih Lawan China

Kompas.com - 17/10/2019, 12:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U19 Fakhri Husaini dan Timnas U19 Cina Cheng Yau Dong seusai preskon di Hotel Verwood Surabaya, Jawa Timur, Tabu (16/10/2019) siang. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Timnas Indonesia U19 Fakhri Husaini dan Timnas U19 Cina Cheng Yau Dong seusai preskon di Hotel Verwood Surabaya, Jawa Timur, Tabu (16/10/2019) siang.


SURABAYA, KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, mengungkapkan bahwa pertandingan uji coba melawan China bukanlah sebuah kebetulan.

Ada sejumlah alasan Indonesia menunjuk timnas U-19 China sebagai lawan dalam uji coba kali ini.

Setidaknya ada dua alasan yang diungkapkan pelatih asal Loksumawe Aceh itu untuk memilih China sebagai lawan uji coba

Alasan pertama adalah China memiliki kualitas dan level yang berada di atas Indonesia.

Ini menjadi faktor peting karena tujuan utama laga uji coba kali ini adalah mengukur kesiapan Septian David dkk untuk berkompetisi di AFC Cup mendatang.

“Kami beruji coba dengan China untuk mengukur seberapa bagus hasil latihan dan seberapa bagus pemain menerima prgram latihan dari kami," kata Fakhri Husaini.

"Kami berharap tim China bisa memberikan tekanan kepada kami agar kami tahu kesiapan tim U-19,” ucap dia menambahkan.

Baca juga: Link Live Streaming Timnas U-19 Indonesia Vs China

Sementara itu, alasan kedua Fakhri memilih China tidak jauh dari persiapan jelang fase grup AFC Cup 2019 yang akan digelar pada bulan November mendatang.

Di babak penyisihan Grup K, timnas U-19 Indonesia bakal behadapan degan Timor Leste dan dua tim asal Asia Timur, Hongkong dan Korea Utara.

Sejumlah pertemuan di kompetisi level ASEAN membuat Fakhri sudah memahami peta kekuatan Timor Leste.

Namun. Indonesia tidak memiliki informasi alias buta kekuatan dua kontestan lainnya, Hongkong dan Korea Utara.

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas U-19 Indonesia Vs China

Oleh karena itu, ia berharap dengan melawan China pihaknya bisa menggali informasi mengenai gaya bermain tim-tim Asia Timur. Dengan demikian, pada saat bertanding nanti, anak asuhnya tidak turun dengan tangan kosong.

“Indonesia tidak pernah mendapatkan tim lawan Asia Timur, dan di fase kualifikasi grup kami berhadapan dengan Korut," kata Fakhri.

"China paling tidak bisa mewakili kekuatan Korut, paling tidak menambah kepercayaan diri pemain saat tampil nanti,” ujar dia menambahkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X