Nasihat BJ Habibie pada Indra Sjafri soal Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 11/09/2019, 19:48 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Indra sjafri foto bersama Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie saat diundang ke kediamannya pada tahun 2016. Dokumen PribadiPelatih Timnas Indonesia, Indra sjafri foto bersama Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie saat diundang ke kediamannya pada tahun 2016.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia tengan berduka. Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05.

Duka yang dalam dirasakan banyak pihak, termasuk Indra Sjafri.

Indra Sjafri punya banyak kenangan dengan sosok BJ Habibie.

Salah satunya adalah ketika pelatih Timnas Indonesia U-23 tersebut diundang oleh BJ Habibie ke rumhanya pada tahun 2016 lalu.

Baca juga: Jasa BJ Habibie untuk Kemajuan Sepak Bola di Sulawesi

"Selamat jalan bapak bangsa, terima kasih nasihat-nasihatnya dan terima kasih pengabdian bapak buat bangsa dan negara," buka Indra Sjafri kepada Kompas.com.

"Iya saya pernah diundang ke rumah Kuningan pada tahun 2016 lalu. Beliau baik sekali dan detail dalam menjelaskan sesuatu," kata Indra.

Menurut mantan pelatih Bali United tersebut, ada satu pesan dari BJ Habibie yang selalu dia ingat.

Pesan tersebut bahkan kini menjadi pijakan bagi Indra Sjafri ketika melatih sebuah tim.

"Beliau yang nasihati saya. Bangun sepak bola tidak cukup teknis sepak bola tapi moral dan spritual juga harus dibangun," ujar Indra Sjafri.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X