Liverpool dan Pelatih yang Belum Akhiri Puasa Gelar Liga Inggris

Kompas.com - 04/08/2019, 12:15 WIB
Para pemain Liverpool mengheningkan cipta untuk mengenang pemain sepak bola Spanyol, Jose Antonio Reyes, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, sebelum pertandingan sepak bola final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019. AFP/GABRIEL BOUYSPara pemain Liverpool mengheningkan cipta untuk mengenang pemain sepak bola Spanyol, Jose Antonio Reyes, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, sebelum pertandingan sepak bola final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Kenny Dalglish. Dia merupakan salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Liverpool, selain Bill Shankly, sang legenda The Reds.

Pria berjuluk King Kenny itu mulai memimpin Liverpool sejak 1985, mengisi tempat yang ditinggalkan Joe Fagan.

Di tangan Dalglish, Liverpool sempat tiga kali meraih juara Football League First Division (kini Premier League), masing-masing pada musim 1985-1986, 1987-1988, dan 1989-1990.

Gelar juara musim 1989-1990 tak cuma menjadi gelar ke-18 bagi Liverpool, tetapi juga mempertegas dominasi The Reds di Tanah Britania selama dua dekade terakhir.

Baca juga: Akhiri Penantian 30 Tahun atau Next Year Lagi, Liverpool?

Bagaimana tidak, sejak awal era 70-an hingga akhir 80-an, Liverpool berhasil meraih 11 kali juara dari 20 kali kesempatan.

Puasa panjang trofi juara Liga Inggris yang dialami Liverpool dimulai setelah mundurnya Dalglish dari jabatannya sebagai pemain merangkap pelatih pada 22 Februari 1991, tak lama setelah kegagalan meraih juara Piala FA seusai kalah dari rival sekota, Everton.

"Orang-orang mungkin menganggap alasan saya berhenti ini aneh. Namun, memang itu kenyataannya. Saya berhenti karena saya merasa bersalah atas hasil buruk yang saya terima di Goodison Park," ucap Dalglish.

Pada musim yang sama, Liverpool hanya finis di urutan kedua klasemen akhir Liga Inggris setelah kalah dari Arsenal.

Baca juga: Kenny Dalglish Berperan Penting dalam Adaptasi Van Dijk di Liverpool

Setelah mundurnya Dalglish, Ronnie Moran sempat mengisi posisi sebagai pelatih sementara. Dia menjadi caretaker selama 10 pertandingan, sampai akhirnya posisi pelatih tetap ditempati Graeme Souness.

Berikut ini adalah rangkuman singkat tentang kiprah para pelatih Liverpool, yang belum bisa "membuka puasa" gelar Liga Inggris untuk The Reds:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X