Kompas.com - 04/07/2019, 12:05 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berjalan menuju bench pemain sebelum laga Persib melawan Bhayangkara FC, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (30/6/2019). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berjalan menuju bench pemain sebelum laga Persib melawan Bhayangkara FC, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (30/6/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs Persib Bandung diprediksi akan menyedot animo penonton dalam jumlah besar.

Selain karena akan mempertemukan dua tim besar sarat sejarah dan prestasi di sepak bola Indonesia, hubungan baik antara Bonek (suporter Persebaya) dan Bobotoh (suporter Persib) juga menjadi sisi menarik lain dari pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Stadion GBT diprediksi akan penuh sesak oleh Bonek dan Bobotoh yang akan duduk berdampingan mendukung tim kebanggaannya masing-masing.

Kedua suporter itu memang memiliki tradisi saling menjamu ketika Persib dan Persebaya bertanding di kota masing-masing.

Baca juga: Liga 1 2019, Persebaya Waspadai Motivasi Berlipat Persib Bandung

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengapresiasi persahabatan Bobotoh dan Bonek.

Robert menilai, sudah selayaknya semua suporter, khususnya di Indonesia, memiliki hubungan persahabatan yang erat.

"Suporter harus bisa berhubungan baik dengan kelompok suporter lain di negara ini. Kalian mendukung tim kebanggaan, tetapi tetap menghormati suporter tim lain," kata Robert di Bandung, sebelum keberangkatan tim Persib ke Surabaya, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Jadwal Liga 1 2019 Pekan Ke-7, Ada Big Match Persebaya Vs Persib

Para pemain Persib Bandung berkumpul di Mes Persib sebelum bertolak menuju Surabaya, Selasa (3/7/2019).KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Para pemain Persib Bandung berkumpul di Mes Persib sebelum bertolak menuju Surabaya, Selasa (3/7/2019).

Situasinya saat ini, belum semua suporter di Indonesia punya hubungan yang baik dengan suporter lainnya.

Contohnya, Bobotoh, meski bersahabat dengan Bonek, hubungan mereka kurang harmonis dengan Jak Mania (suporter Persija Jakarta).

Begitu pula dengan Bonek, yang kerap kali bertikai dengan pendukung Arema (Aremania).

Oleh karena itu, Robert menyerukan agar kultur tersebut diubah. Pelatih asal Belanda itu berharap seluruh suporter di Indonesia memiliki hubungan yang harmonis satu sama lain.

Baca juga: Liga 1, Persebaya Kehilangan Tiga Pemain Inti Saat Jamu Persib

Sebab, ketika melihat dua suporter bisa duduk berdampingan mendukung tim kebanggaannya masing-masing dalam satu stadion, itu menjadi pemandangan indah bagi sepak bola Indonesia.

"Namun, harus ada kultur yang juga berubah. Jadi, bagi saya tidak penting satu suporter berteman dengan beberapa suporter klub lain karena lebih penting suporter berteman dengan seluruh suporter lainnya di mana pun di negara ini karena kami Indonesia. Kami harus mendukung satu sama lain," kata Robert. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X