"Mission Winnow" Dikabarkan Akan Dihilangkan dari Ferrari dan Ducati

Kompas.com - 20/06/2019, 21:02 WIB
Tagline Mission Winnow di motor balap tim Ducati MotoGP.Gareth Harford Tagline Mission Winnow di motor balap tim Ducati MotoGP.

KOMPAS.com - Tim Formula 1 Ferrrari dan tim MotoGP Ducati dikabarkan berniat menghilangkan tulisan "Mission Winnow" dari kendaraan balapnya masing-masing di sisa musim 2019.

Mission Winnow merupakan tagline yang diusung perusahaan Philip Morris untuk mempromosikan kegiatan mereka di luar bisnis rokok. Tagline tersebut mulai efektif dipakai tahun 2019.

Selama beberapa tahun terakhir, Philip Morris memang tak bisa lagi menampilkan produk rokok Marlboro di kendaraan balap Ferrari dan Ducati.

Pasalnya, peraturan iklan rokok di banyak negara sudah ketat, tak terkecuali di negara-negara penyelenggara F1 dan MotoGP.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Perketat Aturan soal Rokok

Kendati mempromosikan kegiatan di luar bisnis rokok, penggunaan tagline Mission Winnow ini tetap dipertanyakan.

British American Tobacco, yang mensponsori tim McLaren, juga menghilangkan logo-logo kampanye inovasi mereka karena alasan yang serupa.

Dikutip dari Motorsport.com, Ferrari harus mencabut logo Mission Winnow pada seri pembuka F1 di Australia. Hal itu menyusul penyelidikan otoritas Australia terkait aturan iklan rokok di negara tersebut.

Langkah serupa kembali dilakukan Ferrari di seri F1 Kanada dan Perancis.

Setali tiga uang, Ducati juga mulai melakukan hal yang sama di MotoGP. Mereka tak menggunakan tagline Mission Winnow saat gelaran GP Perancis.

Baca juga: Iklan Rokok Dilarang, Persik Bingung Cari Sponsor

Beberapa sumber menyebutkan Philip Morris kini mempertimbangkan menghapus Mission Winnow untuk jangka waktu yang lebih lama, bahkan hingga akhir musim.

Baik Ferrari dan Ducati menolak berkomentar mengenai kabar tersebut. Hal serupa juga dilakukan pihak Philip Morris.

"Seperti yang diumumkan pada awal musim ini, kami memberi kesempatan kepada mitra kami untuk menyampaikan pesan lain sebagai pengganti Mission Winnow di setiap balapan," kata juru bicara Philip Morris, Simon Dowding.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X