30 Pemain Ikuti Seleksi Timnas U-19 Tahap Kedua

Kompas.com - 13/06/2019, 06:00 WIB
Fakhri Husaini saat memimpin seleksi Tim Nasional Indonesia U-19 di Stadion WIbawa Mukti, Bekasi, Kamis (25/4/2019)PSSI Fakhri Husaini saat memimpin seleksi Tim Nasional Indonesia U-19 di Stadion WIbawa Mukti, Bekasi, Kamis (25/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga puluh pemain mengikuti seleksi tim nasional U-19 Indonesia tahap kedua. Dipimpin pelatih Fakhri Husaini, mereka sudah menjalani latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada Rabu (12/6/2019).

Semua pemain yang mengikuti seleksi timnas U-19 berasal dari klub-klub Elite Pro Liga 1, kemudian Garuda Select, dan ada juga dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

Mayoritas pemain yang dipanggil adalah anak didik Fakhri saat masih menangani timnas U-16. Ada juga banyak pemain baru hasil pantauan tim pelatih, termasuk keberadaan pemain dari PPLP.

Baca juga: Garuda Select Vs Leicester, Fakhri Husaini Bangga dengan Permainan Tim

Fakhri berjanji akan memperlakukan sama semua pemain. Ia menyatakan pemain yang tidak menunjukkan kemampuan maksimalnya pasti akan tersingkir.

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, mereka semua memiliki potensi. Kalau tidak waspada dan memberikan yang terbaik, pemain lain bisa saja tergantikan," kata Fakhri dikutip dari keterangan tertulis PSSI.

Fakhri menjelaskan secara rinci mengenai pemain yang dia dapatkan dalam seleksi ini. Dia ingin mengakomodasi semua pemain yang punya potensi untuk masuk timnya, dari Aceh hingga Papua.

Menurut Fakhri, tidak semua provinsi di Indonesia memiliki klub yang bermain di Elite Pro. Bahkan, dia menyebut tidak semua daerah memiliki PPLP.

"Namun, minimal pemain yang tidak main di Elite Pro bisa masuk PPLP. Kan PPLP ini juga seleksi. Saringan juga, tetapi programnya pemerintah," ucap Fakhri.

Tim yang melakukan seleksi tahap kedua akan melengkapi pemain-pemain terpilih pada tahap pertama lalu. Para pemain yang terpilih nantinya akan mengikuti pemusatan latihan pada awal Juli mendatang.

Baca juga: Ketika Legenda Inggris Tunjuk Fakhri Husaini Latih Garuda Select...

Fakhri menyatakan pemain yang baru dipanggil pada tahap kedua ini tentu akan bersaing bersama pemain-pemain seleksi ditahap yang pertama.

Timnas U-19 Indonesia akan dipersiapkan untuk berlaga pada Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam. Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 pada September atau Oktober mendatang.

"Kalau ditanya berapa pemain yang akan saya pilih nanti, saya berharap bisa mendapatkan setengahnya lagi di seleksi tahap kedua ini, kira-kira 15 pemain lagi. Pemain tersebut saya harap akan dapat mengisi posisi-posisi yang kurang," katanya.




Close Ads X