MotoGP Bakal Tambah Seri Balapan, Jadi 22 Balapan

Kompas.com - 28/05/2019, 18:41 WIB
Pol Espargaro raih hasil terbaiknya bersama KTM dengan finis di urutan ke-6 pada GP Le Mans. Speedweek.comPol Espargaro raih hasil terbaiknya bersama KTM dengan finis di urutan ke-6 pada GP Le Mans.

KOMPAS.com - Ajang MotoGP akan mengalami penambahan seri balapan dalam satu musim. Menurut rencana, dalam tiga tahun ke depan akan ditambah menjadi 22 seri balapan. Untuk tahun ini, MotoGP menggelar 19 seri balapan.

Seperti yang dilansir BolaSport dari GP One, bertambahnya jumlah seri balapan ini terjadi karena habisnya masa kontrak Dorna dengan pabrikan peserta MotoGP pada 2021.
Dorna adalah penyelenggara MotoGP selama ini.

Baca juga: Usai MotoGP, Indonesia Jajaki jadi Tuan Rumah Balap Formula 1

Setelah masa kontrak berakhir, rencana yang muncul adalah dengan menambah jumlah balapan dalam semusim untuk masa kontrak pada 2022-2026.

Tambahan seri balapan MotoGP diketahui setelah adanya jalinan kerja sama dengan Indonesia dan Finlandia.

Dari kabar tersebut bisa diketahui bahwa Sirkuit Mandalika yang saat ini sedang dibangun di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, bisa menjadi salah satu seri MotoGP.

Baca juga: Marc Marquez Akan Jadi Rider Terbaik Spanyol Sepanjang Sejarah MotoGP

Jika tambahan seri tersebut disetujui, maka seri balapan MotoGP akan mempunyai lebih banyak dari ajang Formula 1 yang memiliki 21 seri balapan.

Rencana Dorna dan tim pabrikan selanjutnya adalah dengan mengurangi tes pada periode Februari sampai Maret demi menunjang penambahan seri balapan tersebut.

Sementara untuk jumlah pabrikan peserta MotoGP kemungkinan tidak akan bertambah lagi. Saat ini ada enam yang menjadi peserta, yakni Ducati, Honda, Aprilia, KTM, Suzuki dan Yamaha.

Adapun jumlah pebalap yang akan berpartisipasi dibatasi menjadi 24 rider di kelas premier. (Delia Mustikasari)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X