Haru di Perpisahan Barzagli dengan Juventus dan Abate dengan AC Milan

Kompas.com - 20/05/2019, 06:50 WIB
Andrea Barzagli membalas dukungan penonton di Stadion Juventus seusai pertandingan Juventus vs Atalanta dalam lanjutan Serie A Liga Italia, 19 Mei 2019. AFP/ISABELLA BONOTTO Andrea Barzagli membalas dukungan penonton di Stadion Juventus seusai pertandingan Juventus vs Atalanta dalam lanjutan Serie A Liga Italia, 19 Mei 2019.

TURIN, KOMPAS.com - Suasana haru mewarnai partai perpisahan Andrea Barzagli dengan Juventus. Pada laga pekan terakhir Liga Italia 2018-2019 melawan Atalanta, di Allianz Stadium, Minggu (19/5/2019), bek 38 tahun itu mendapatkan perlakuan istimewa.

Sebelum pertandingan itu dimulai, Juventus melakukan semacam seremoni untuk mengucapkan terima kasih atas delapan tahun dedikasi sang pemain.

Pada seremoni tersebut, para pemain Juventus berbaris di sisi kiri dan kanan di depan lorong masuk stadion. Tak lama kemudian, Barzagli pun masuk melewati barisan para pemain yang menyambutnya sambil memberi tepuk tangan.

Di ujung barisan, Presiden Juventus, Andrea Agnelli, sudah menunggu. Ia kemudian memeluk Barzagli dan membacakan pidato terima kasih untuk sang pemain.

Baca juga: Ke Olimpiade 2020, Lalu Muhammad Zohri Terus Melaju

Wajah Barzagli tampak terharu. Ia terlihat berusaha menahan tangis seusai mendapatkan sambutan yang begitu hangat dan istimewa, terutama dari para suporter di stadion yang menyanyikan yel-yel untuknya.

Barzagli sendiri kemudian dimainkan sebagai starter pada laga kontra Atalanta. Ia diduetkan bersama Leonardo Bonucci di jantung pertahanan.

Pada menit ke-61, Barzagli lalu ditarik keluar dan digantikan oleh Mario Mandzukic. Ia kembali mendapatkan aplaus dari para suporter dan disalami oleh rekan-rekan setim, pemain lawan, serta wasit.

Saat itulah tangis Barzagli pecah. Pemain yang mengantarkan Italia juara Piala Dunia 2006 itu tak kuasa lagi membendung air matanya.

Sesaat sebelum duduk di bangku cadangan, Barzagli tampak lama memeluk pelatih Massimiliano Allegri yang juga akan hengkang dari Juventus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

We’ll never stop chanting your name, @andreabarzagli15 ??? #GrazieBarza

A post shared by Juventus Football Club (@juventus) on May 19, 2019 at 1:29pm PDT

Juventus merekrut Barzagli pada bursa transfer musim dingin 2011-2012 dari klub Bundesliga, Wolfsburg.

Selama sekitar delapan tahun memperkuat Juventus, Barzagli tercatat tampil dalam 281 pertandingan dan mencetak dua gol pada berbagai kompetisi.

Ia menjadi bagian dari kesuksesan Juventus meraih delapan gelar scudetto secara beruntun, lalu empat trofi Supercoppa Italiana, serta empat kali juara Coppa Italia.

Beberapa tahun terakhir, Barzagli dikenal karena menggalang pertahanan yang tangguh di lini belakang Juventus bersama Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X