Timnas U-16 Indonesia Jalani Internal Game

Kompas.com - 17/05/2019, 21:01 WIB
Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, Sabtu (11/5/2019)PSSI Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, Sabtu (11/5/2019)

KOMPAS.com - Tim Nasional (timnas) U-16 Indonesia menggelar internal game di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat (17/5/2019).

Pelatih kepala timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, melibatkan 41 pemain yang sebelumnya telah dipanggil untuk mengikuti seleksi dan pemusatan latihan.

Internal game ini bakal digelar pada malam hari setelah salat tarawih atau sekitar pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Bima Sakti Optimistis dengan Skuad Timnas U-16 Indonesia

Kegiatan tersebut sengaja dihelat pada malam hari mengingat 34 dari 41 pemain yang mengikuti seleksi tengah menjalani ibadah puasa.

Teknisnya, sebanyak 41 pemain tersebut akan dibagi menjadi empat tim dan internal game ini bersifat tertutup.

Hal tersebut dilakukan agar pemain bisa fokus dan tidak terbebani dalam bermain. Ada kekhawatiran, ketika disaksikan penonton, justru para pemain tidak tampil maksimal.

“Saya menginginkan para pemain ini bisa fokus latihan nanti, karena ini masih tahap seleksi. Kami tim pelatih ingin melihat keseriusan mereka,” ucap Bima.

Selama program seleksi dan pemusatan latihan timnas U-16 Indonesia, Bima bisa melihat potensi bagus dari pemain yang sudah dipanggil.

Kualitas yang merata juga tak lepas dari program Elite Pro Academy (EPA) U-16, yang digulirkan PSSI dan telah memasuki tahun kedua.

Baca juga: Bima Sakti Seleksi 41 Pemain Untuk Timnas U-16 Indonesia

“Banyak potensi bagus-bagus. Sekarang sulit bagi kami tim pelatih menentukan siapa-siapa saja yang bertahan dan lanjut ke tahap seleksi berikutnya. Itu juga berkat mereka yang ditempa dan berkompetisi di Elite Pro," ucap Bima.

Kendati demikian, Bima bakal tetapi menilai mereka melalui internal game nanti guna menentukan komposisi yang tepat untuk skuad timnas U-16 Indonesia. 

“Rata-rata saya melihat, visi bermain mereka bagus. Makanya saya ingin melihat mereka dalam internal game sebelum mengambil keputusan,” tutur Bima.

Setelah mendapatkan komposisi pemain, timnas U-16 Indonesia dijadwalkan akan melakukan uji coba pada tanggal 25 Mei 2019.

Tetapi, soal lawan yang bakal dihadapi masih belum dapat dipastikan.

Program seleksi dan pemusatan latihan ini dilaksanakan sebagai persiapan untuk menghadapi Piala AFF U-15 2019 yang akan berlangsung di Thailand pada 27 Juli hingga 9 Agustus. 

Baca juga: Sebelum Latih Timnas U-16, Bima Sakti Akan Latihan di Inggris

Selain berlaga di Piala AFF U-15 2019, timnas U-16 Indonesia juga akan bermain di Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di bulan September mendatang.

Indonesia menjadi tuan rumah di ajan ini dan berada di grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.




Close Ads X