PBSI Tunjuk Hendra Setiawan sebagai Kapten Tim Piala Sudirman 2019

Kompas.com - 11/05/2019, 18:00 WIB
Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan saat tampil pada perempat final All England 2019, 8 Maret 2019. PBSI/Nafielah Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan saat tampil pada perempat final All England 2019, 8 Maret 2019.

KOMPAS.com - Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan ditunjuk sebagai kapten dan wakil kapten tim Piala Sudirman 2019.

Indonesia akan berjuang merebut Piala Sudirman di Nanning, China, 19-26 Mei mendatang. Hendra Setiawan akan menjadi kapten tim dan Ahsan sebagai deputinya. 

Chef de Mission Tim Piala Sudirman 2019 sekaligus Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan, alasan dipilihnya Hendra dan Ahsan sebagai kapten dan wakil kapten tim Piala Sudirman 2019.

"Dari pengalaman, kita perlu bagaimana membuat tim solid, kompak, serta proses interaksi dan komunikasi bisa terjalin dengan baik," ujar Achmad Budiharto pada konferensi pers Piala Sudirman 2019 di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/5/2019). 

Baca juga: Rayakan HUT Ke-68 PBSI, Ketua Umum Lepas Tim Piala Sudirman 2019

"Faktor teknis memang memengaruhi, tetapi saya kira faktor nonteknis juga memiliki peran di dalamnya," tuturnya melanjutkan.

Menurut Sekjen PBSI itu, pertandingan di kejuaraan beregu dengan perorangan. Butuh sosok untuk menyatukan dan menjaga semangat juang pemain 

"Anak-anak kita di kejuaraan beregu secara kualitas menjadi baik. Maka dari itu, dibutuhkan satu figur yang bisa menyatukan mereka," ucap Achmad Budiarto. 

"Mas Hendra dibantu Mas Ahsan dengan pengalaman dan segi kepribadiannya diharapkan dapat mengayomi dan memberikan ketenangan untuk tim," tuturnya lagi. 

Baca juga: Tim Piala Sudirman 2019 Harus Punya Mental Juang seperti Susy Susanti

Sebagai kapten tim Piala Sudirman 2019, Hendra Setiawan mengaku optimistis timnya bisa meraih hasil yang maksimal.

"Menurut saya, semua bisa terjadi di pertandingan, apalagi kategori beregu, hasilnya tidak bisa ditebak. Namun, kami di tim semuanya harus optimistus terlebih dahulu," kata Hendra.

Pada kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2019, Indonesia turun dengan kekuatan terbaik di semua sektor.

Indonesia mengirimkan Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito di nomor tunggal putra.

Baca juga: Piala Sudirman 2019, Tunggal Putra Juga Jadi Andalan Indonesia

Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, dan Muhammad Rian Ardianto untuk nomor ganda putra.

Di nomor ganda campuran Indonesia mengirimkan wakilnya yakni Tontowi Ahmad, Winny Oktavina Kandow, Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal, dan Gloria Emanuelle Widjaja.

Gregoria Marsika Tunjung dan Fitriani dipercaya membela tim di nomor tunggal putri.

Sementara di nomor ganda putri, Indonesia hanya mengirimkan Greysia Polii, Apriyani Rahayu, dan Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X