Gonzalo Higuain Pensiun dari Timnas Argentina

Kompas.com - 29/03/2019, 07:50 WIB
Reaksi pemain Argentina Gonzalo Higuain seusai Argentina dibobol oleh Kroasia dalam babak penyisihan grup D Piala Dunia 2018, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dinihari WIB. Kekalahan dengan skor 3-0 ini membuat Argentina di ujung tanduk.AFP PHOTO/KIRILL KUDRYAVTSEV Reaksi pemain Argentina Gonzalo Higuain seusai Argentina dibobol oleh Kroasia dalam babak penyisihan grup D Piala Dunia 2018, di Nizhny Novgorod, Kamis (21/6/2018) atau Jumat dinihari WIB. Kekalahan dengan skor 3-0 ini membuat Argentina di ujung tanduk.

KOMPAS.com - Gonzalo Higuain mengumumkan keputusan untuk pensiun dari tim nasional Argentina.

Menurut Higuain, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri karier di tingkat internasional. Ia mengaku sudah memikirkan keputusannya itu secara mendalam.

"Waktu saya sudah habis," kata Higuain kepada Fox Sports, Kamis (28/3/2019).

Setelah pensiun dari timnas, Higuain menyatakan kini ia punya waktu lebih banyak untuk keluarga dan kehidupan pribadinya.

"Ini kebahagiaan banyak orang dan mungkin tidak banyak bagi yang lainnya. Waktu saya sudah habis," kata pemain yang kini memperkuat Chelsea itu.

"Anda sekarang bisa berhenti mengkhawatirkan apakah saya ada di sana ( Timnas Argentina) atau tidak," pungkasnya.

Baca juga: Pujian Gattuso untuk Piatek yang Lebih Baik dari Higuain

Higuain pensiun dari Timnas Argentina pada usia 31 tahun. Ia menyelesaikan karier internasionalnya dengan total 31 gol dalam 75 pertandingan, menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak keenam Timnas Argentina.

Higuain tercatat memulai debut internasional pada Oktober 2009 dalam laga melawan Peru. Di bahwa komando Diego Maradona, Higuain langsung mencetak gol dalam laga yang dimenangkan Argentina dengan skor 2-1.

Argentina lolos ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pada ajang akbar sejagad itu, ia menjadi pemain Argentina pertama yang mencetak hat-trick di Piala Dunia sejak Gabriel Batistuta saat laga melawan Korea Selatan.

Baca juga: Sarri Bisa Bantu Higuain Kembali ke Performa Terbaik

Higuain kemudian mencetak gol lagi saat Argentina menang 3-1 atas Meksiko pada babak 16 besar. Namun Argentina pada akhirnya gagal setelah dikalahkan Jerman 0-4 pada perempat final.

Higuain merupakan bagian dari skuad Timnas Argentina yang gagal dalam tiga final turnamen besar, masing-masing Piala Dunia 2014, Copa America 2015 dan Copa America Centenario 2016.

Higuain tercatat terakhir kali mencetak gol bagi Argentina pada Oktober 2016 saat laga Kualifikasi Piala Dunia melawan Peru.

Sepanjang Piala Dunia 2018, Higuain tak sama sekali mencetak gol. Argentina tersingkir pada babak 16 besar setelah dikalahkan Perancis yang akhirnya menjadi juara dunia.




Close Ads X