Hasil Kloning Messi Hanya Bisa Gandakan Fisik Bukan Skill

Kompas.com - 23/03/2019, 18:40 WIB
Lionel Messi merayakan golnya pada pertandingan Barcelona vs PSV Eindhoven dalam matchday 1 Liga Champions di Camp Nou, 18 September 2018. AFP/JOSEP LAGO Lionel Messi merayakan golnya pada pertandingan Barcelona vs PSV Eindhoven dalam matchday 1 Liga Champions di Camp Nou, 18 September 2018.

KOMPAS.com - Kepala Badan Arsip Genetika Eropa (EGA), Arcadi Navarro, menilai kemungkinan untuk menggandakan kemampuan olah bola bintang Barcelona, Lionel Messi, sangat kecil.

Dalam pernyataannya, Navarro, memastikan bahwa sosok Lionel Messi bisa digandakan dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

"Ya, Messi bisa dikloning dengan teknik terkini," tutur Navarro, seperti dilansir BolaSport.com dari stasiun radio Spanyol, Cadena SER.

"Hasil kloning akan memiliki penampakan yang serupa dengan Messi, ia akan seperti kembaran dari sang pemain," kata pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca Juga : Argentina Kalah dari Venezuela, Lionel Messi Tertimpa Cedera

Meski ada kemungkinan menggandakan fisik, Navarro menilai untuk menciptakan Messi baru yang sangat mirip perihal kemampuan olah bola sangat sulit terjadi.

"Genetik adalah komponen tunggal. Faktor lain yang berpengaruh adalah edukasi dan lingkungan. Messi tercipta bukan hanya karena gen yang ia miliki.

"Namun, segalanya yang ia tempuh sepanjang hidup, baik itu pendidikannya, waktu yang ia habiskan di akademi La Masia, dan sejumlah perlakuan yang ia terima," ujar Navarro.

"Genetik hanya memberi sebuah potensi, semuanya tergantung pada usaha masing-masing," tutur Navarro menambahkan.

 Baca Juga : VIDEO - Aneh, Timnas Argentina Kebobolan Tendangan Penalti Melompat

Sebagai salah satu bintang dunia, Messi memang memiliki kemampuan jauh diatas rata-rata pemain lain.

Bahkan, beberapa kalangan menyebut kemampuan Messi adalah yang terbaik dalam sejarah sepak bola dunia mengalahkan nama-nama besar seperti Diego Maradona dan Pele.

Hingga saat ini, Messi masih belum memberi tanggapan terhadap kemungkina dirinya digandakan.

Umur yang sudah menginjak 31 tahun membuat waktu bermain Messi di level tertinggi tidak lama lagi.

Messi sebelumnya sudah menyatakan tidak akan pensiun di Barcelona karena ingin kembali ke tim masa kecilnya, Newell's Old Boys. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X