Ada MotoGP di Mandalika, Akses dari Bandara Lombok Harus Tersedia

Kompas.com - 22/03/2019, 20:00 WIB
Foto udara proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok, Sabtu (23/2/2019). Kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah lebih dari dua dekade dan menggunakan lokasi di Pulau Lombok diharapkan dapat menghidupkan kembali ekonomi dan pariwisata pulau tersebut yang sempat dilanda gempa bumi dahsyat, 2018 lalu. AFP PHOTO/ARSYAD ALIFoto udara proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok, Sabtu (23/2/2019). Kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah lebih dari dua dekade dan menggunakan lokasi di Pulau Lombok diharapkan dapat menghidupkan kembali ekonomi dan pariwisata pulau tersebut yang sempat dilanda gempa bumi dahsyat, 2018 lalu.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyatakan penyelenggaraan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika harus didukung akses jalan dari Bandara Internasional Lombok.

Mandalika dijadwalkan akan menjadi venue MotoGP mulai 2021 hingga lima tahun ke depan.

"Karena yang disampaikan oleh pihak Dorna maupun ITDC di depan Bapak Presiden, harus ada penambahan akses jalan, baik dari Bandara Lombok ke Sirkuit Mandalika maupun runway sendiri di bandara dan hal-hal lain," kata Imam di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Baca juga: Kata Presiden Jokowi, 3 Proyek Pendukung MotoGP Rampung 2020

Imam berharap penyelenggaraan MotoGP di Mandalika akan melibatkan tugas banyak kementerian. Sebab, penyelenggaraan MotoGP tidak hanya terkait dengan bidang olahraga.

"Karena ini juga menyangkut juga soal pariwisata, penyiapan infrastruktur, dan keamanan, dan tentu kemudahan calon-calon pengunjung MotoGP 2021," ucap Imam.

Baca juga: INFOGRAFIK: Sirkuit MotoGP Mandalika

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X