Ketua Viking Kenang Ikon Bobotoh, Ronaldikin

Kompas.com - 22/01/2019, 20:46 WIB
Ronaldikin meninggal dunia di Bandung, Selasa (22/1/2019). Dok. Viking Persib ClubRonaldikin meninggal dunia di Bandung, Selasa (22/1/2019).


BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Viking Persib Club (VPC), Heru Joko, mengaku terkejut atas meninggalnya Sodikin alias Ronaldikin, salah satu ikon Bobotoh (sebutan suporter Persib).

Kabar duka itu Heru dapat dari sosial media, Selasa (22/1/2019) sore.

"Dapat kabar dari Instagram sore tadi. Kaget juga saya. Sakitnya belum lama sih," ujar Heru saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa malam.

Heru mengaku punya banyak kenangan bersama mendiang. Ia mengatakan, Ronaldikin merupakan salah satu anggota Viking yang cukup senior.

"Saya ingat dia daftar ke Viking itu sekitar tahun 2002. Saat itu dia masih kerja di pabrik. Kalau mau nonton Persib sering kita bantuin bikin surat buat bolos kerja," kenang Heru.

Baca juga: Persija Terancam Tanpa Pemain Asing, Ini 9 Langkah di Bursa Transfer

Selain sosok yang loyal dan humoris, Ronaldikin juga dikenal punya tekad besar untuk mewujudkan perdamaian suporter.

"Wah dia mah 'kekeuh' urusan perdamaian suporter mah. Dia pernah dipukul di Solo, diteror di Jakarta. Tapi tetap saja dia berjuang untuk perdamaian suporter," ucap Heru.

Tak hanya itu, Ronaldikin juga punya jiwa sosial tinggi. "Waktu namanya tenar, dia itu sempat bantu bangun masjid, bikin jalan ke masjid, keren-lah," ungkapnya.

Sebab itu, Heru mengaku sangat kehilangan sosok Ronaldikin. Menurut Heru, kehadiran Ronaldikin telah memberi warna bagi keluarga besar Viking dan Bobotoh.

"Keluarga besar Viking Sangat berduka sangat kehilang. Karena dia anggota Viking. Beliau sangat memberi warna di Viking, dekat dengan pengurus dan kekeuh dengan perdamaian," jelasnya.

Rencananya, jenazah Ronaldikin akan dimakamkan di daerah Langonsari RT 03/03, Pameungpeuk, Kabupaten Bandung besok pagi. 

Baca juga: Jadwal Resmi MotoGP 2019




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X