Kompas.com - 21/01/2019, 11:04 WIB

KOMPAS.com - PSM Makassar menyampaikan tiga rekomendasi pada Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Bali, Minggu (20/1/2019). Soal wasit termasuk hal yang harus diperhatikan.

PSM Makassar diwakili oleh Munafri Arifuddin dalam kongres tersebut. CEO PSM ini ikut memberikan rekomendasi kepada PSSI selaku pemegang kekuasaan tertinggi sepak bola Indonesia.

Pertama, PSM menuntut perbaikan pada komite wasit. Munafri berharap PSSI mampu mewujudkan wasit yang adil pada kompetisi 2019.

Baca juga: Klub Australia Milik Grup Bakrie Pisah dengan Kakak Eks Pelatih Mereka

"Karena, wasit selalu menjadi biang masalah dalam pertandingan," ucap Munafri dikutip dari laman resmi PSM.

Kedua, pria yang akrab dengan sapaan Appi meminta kepada tiga lembaga PSSI (Komite Disiplin, Komite Wasit, dan Komite Banding) untuk selalu independen.

"Mereka harus mampu memberikan keputusan yang fair," ujarnya menambahkan.

Ketiga, Appi merekomendasikan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memperhatikan biaya tim dalam bertanding, terutama ketika laga tandang.

"PSSI harus memperhatikan biaya tim dalam menjalani pertandingan, terutama soal biaya penerbangan," kata Munafri lagi.

Manajemen PSM berharap tiga rekomendasi tersebut bisa dipertimbangkan oleh PSSI dan segera ditindaklanjuti. (Nungki Nugroho)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.