Kartu Merah Pastikan Bek Lazio Ini Gagal Samai Rekor Zanetti

Kompas.com - 21/01/2019, 09:43 WIB
Wakil Presiden Inter Milan, Javier Zanetti.Dok. Twitter Wakil Presiden Inter Milan, Javier Zanetti.

KOMPAS.com - Javier Zanetti masih memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak secara beruntun ketika masih memperkuat Inter Milan pada 1995-2014. Pria asal Argentina tersebut menorehkan 162 laga di semua kompetisi pada medio 2006-2009.

Hingga kini, tak pemain lain yang bisa menyamai pencapaian Zanetti. Padahal, rekor tersebut nyaris pecah andai Francesco Acerbi tidak menerima kartu merah ketika Lazio melawan Napoli dalam lanjutan Serie A, Minggu (20/1/2019) atau Senin dini hari WIB.

Bek tengah Lazio ini selalu menjadi pemain andalan Biancoceleste, julukan Lazio, karena hingga Minggu (20/1/2019) siang waktu setempat, Acerbi sudah mencatatkan 149 penampilan secara beruntun. Namun kartu merah tersebut memastikan Acerbi harus absen dalam laga selanjutnya sehingga pupuslah harapannya untuk minimal menyamai rekor Zanetti.

Baca Juga: Ajaib, Bek yang Pernah Derita Kanker Catatkan Rekor Selalu Tampil di 140 Laga Beruntun

Acerbi menerima kartu kuning kedua pada menit ke-70 setelah melanggar Jose Maria Callejon. Sepersekian detik setelah menyapu bola yang diumpan dengan tidak sempurna oleh rekan setimnya, kaki Acerbi justru mengenai Jose Callejon yang hendak mencuri bola.

Wasit Gianluca Rocchi tanpa segan langsung mengeluarkan kartu kuning dari sakunya. Acerbi pun diusir keluar karena sudah mendapatkan kartu kuning pada babak pertama.

Dengan demikian, Acerbi bakal absen dalam laga kompetitif untuk pertama kalinya sejak bulan Oktober 2015 saat berseragam Sassuolo. Setelah pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi Napoli, pelatih Lazio Simone Inzaghi menunjukkan kekecewaannya terhadap keputusan wasit tersebut.

"Napoli pantas menang, tetapi soal kartu kuning pertama, Callejon cukup cerdik untuk bergerak ke depan Acerbi lalu berhenti, memastikan dia ditabrak," tutur Inzaghi.

"Sementara itu untuk kartu kuning kedua, dia [Acerbi] jelas menyentuh bolanya dan sama sekali bukan pelanggaran," imbuhnya.

Terlepas dari kegagalannya melewati rekor penampilan Zanetti, pencapaian Acerbi hingga laga melawan Napoli terbilang luar biasa. Pasalnya, selain tidak pernah diganti atau dikeluarkan dari lapangan dalam 148 laga sebelumnya, Acerbi juga terkenal karena sudah dua kali sembuh dari penyakit kanker.

Melalui akun Twitternya, @Acerbi_Fra, eks pemain AC Milan itu meminta maaf karena kartu merah yang diterimanya menghalangi timnya mengejar ketertinggalan.

"Saya minta maaf karena meninggalkan teman-teman saya dalam situasi sulit. 149 laga beruntun hingga malam ini lebih baik menjadi start untuk awal yang baru," cuitnya. (Ardhianto Wahyu Indraputra)



Close Ads X