Persib Masih Paling Populer di Asia, Posisi Persija Terdongkrak

Kompas.com - 11/01/2019, 10:01 WIB
Pertandingan Liga 1, Persib Bandung vs Persija Jakarta, di Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/2018), berlangsung panas.TABLOID BOLA/FERNANDO RANDY Pertandingan Liga 1, Persib Bandung vs Persija Jakarta, di Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/2018), berlangsung panas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Persib Bandung dan Persija Jakarta tetap sebagai dua klub Asia terpopuler di media sosial menurut data Global Digital Football Benchmark.

Lembaga penghimpun data asal Jerman yang bekerja menyoroti kegunaan media sosial di dunia olahraga, RESULT Sports lewat Global Football Digital Benchmark, merilis data popularitas klub sepak bola di berbagai platform media sosial pada Januari 2019 ini.

Klub Liga Indonesia tentu tidak ketinggalan menjadi pantauan.

Sama seperti data yang mereka rilis sebelumnya pada pertengahan 2018, Persib Bandung masih menjadi klub Asia terpopuler di jejaring media sosial.

Namun, posisi mereka turun dua angka sehingga mereka duduk di posisi ke-23 diapit oleh dua klub sarat rivalitas asal Argentina, Boca Juniors dan River Plate.

Boca dan River memang menunjukkan perkembangan bagus di media sosial karena menjadi sorotan penting dengan ditakdirkannya mereka bertemu di final Copa Libertadores 2018.

Lain Persib, lain pula seteru mereka di Liga 1 Indonesia, Persija Jakarta.

Persija yang sebelumnya menempati urutan 59 kini naik empat tingkat ke posisi 55.

Predikat juara Liga 1 dianggap menjadi alasan yang wajar Persija mendapat banyak pengikut di berbagai platform media sosial yang mereka gunakan.

Selain Persib dan Persija, Persebaya Surabaya juga masuk dalam daftar ranking klub yang mendulang popularitas di media sosial.

Meraih total 1,1 juta penggemar di berbagai akun, Posisi Persebaya berada di antara klub Serie A, Torino, dan klub Liga Inggris kasta kedua, Leeds United.

(Baca Juga: Ranking Klub Sepak Bola di Media Sosial - Real Madrid Masih di Pucuk, Juventus Melambung Berkat Cristiano Ronaldo)




Close Ads X