Piala AFF 2018, Stadion Rajamangala Selalu Jadi Neraka Buat Indonesia

Kompas.com - 16/11/2018, 07:00 WIB
Striker timnas Indonesia, Lerby Eliandry, tertunduk saat wasit meniup peluit panjang pertanda akhir laga kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/2/2016) malam. PRIYOMBODO/KOMPASStriker timnas Indonesia, Lerby Eliandry, tertunduk saat wasit meniup peluit panjang pertanda akhir laga kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/2/2016) malam.
Penulis Alsadad Rudi
|

BANGKOK, KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan menantang Thailand pada lanjutan Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11/2018). Laga itu akan berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Rajamangala bisa dibilang neraka buat timnas Indonesia. Sebab, sepanjang sejarah Piala AFF (dulunya Piala Tiger), timnas Indonesia tak pernah mencuri poin saat bertanding melawan Thailand di stadion itu.

Pertemuan Indonesia dengan Thailand di Rajamangala kali pertama terjadi di final Piala AFF tahun 2000. Saat itu, Uston Nawawi dkk ditekuk dengan skor 1-4 oleh tuan rumah.

Baca juga: Piala AFF 2018, Bek Andalan Thailand Mundur Jelang Lawan Indonesia

Suasana Stadion Rajamangala antara Thailand dan Indonesia jelang final kedua Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016).ANJU CHRISTIAN/KOMPAS.com Suasana Stadion Rajamangala antara Thailand dan Indonesia jelang final kedua Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016).

Pertemuan selanjutnya terjadi delapan tahun kemudian, tepatnya saat leg kedua semifinal Piala AFF 2008. Saat itu, tim Garuda takluk dengan skor tipis 1-2. Thailand pada akhirnya lolos
ke final setelah unggul agregat 3-1. Pada leg pertama di SUGBK, tim Gajah Putih menang 1-0.

Pertemuan terakhir Indonesia melawan Thailand di Rajamangala terjadi pada final leg kedua Piala AFF 2016. Ketika itu, Indonesia kalah 0-2. Thailand pada akhirnya menjadi juara karena di leg pertama hanya kalah 1-2 di Stadion Pakansari, Cibinong.

Baca juga: Piala AFF 2018, Pemain Thailand Ini Rela Dicemooh Asal Stadion Penuh

Di luar laga yang berlangsung di Rajamangala, Indonesia dan Thailand tercatat sudah bertemu 11 kali. Dari jumlah tersebut, Indonesia hanya tiga kali menang, satu di antaranya lewat adu penalti.

Kedua tim tak pernah bermain imbang. Jadi, Thailand telah delapan kali menang, satu di antaranya juga melalui adu penalti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.