Kompas.com - 09/11/2018, 20:10 WIB
Foto udara kawasan perhotelan di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (8/11/2018). Pascagempa Lombok BPS Provinsi NTB merilis data Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada bulan September 2018 mengalami kenaikan dibandingkan bulan Agustus 2018. TPK bulan September 2018 sebesar 34,85 persen sedangkan TPK hotel bintang bulan Agustus 2018 hanya sebesar 28,18 persen. ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDIFoto udara kawasan perhotelan di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (8/11/2018). Pascagempa Lombok BPS Provinsi NTB merilis data Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada bulan September 2018 mengalami kenaikan dibandingkan bulan Agustus 2018. TPK bulan September 2018 sebesar 34,85 persen sedangkan TPK hotel bintang bulan Agustus 2018 hanya sebesar 28,18 persen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sponsor Asian Games 2018 berdonasi untuk Indonesia. Khususnya, untuk para korban bencana alam yang melanda Indonesia baru-baru ini.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, salah satu sponsor itu, Aice, menginformasikan memberikan donasinya untuk korban bencana gempa Lombok.

Tercatat, pada Agustus hingga September 2018, serangkaian gempa bumi mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Terhitung total gempa yang terjadi mencapai lebih dari 2.000 kejadian. Dari kejadian tersebut, korban meninggal dunia mencapai lebih dari 500 jiwa dan korban luka sebanyak lebih dari 1.500 jiwa.

Selain itu, rumah rusak berat sebanyak lebih dari 160.000 unit. Tentunya trauma yang ditinggalkan sangatlah dalam dan hingga hari ini berbagai rencana pemulihan masih terus dilakukan.

Menurut catatan pemerintah, nilai kerusakan akibat gempa mencapai total Rp 10 triliun.

Sebagaimana yang dilansir media beberapa waktu lalu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan total kerusakan tersebut diakumulasi dari tujuh wilayah, yakni Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepedulian

Es Krim Obor AiceDok. Aice Es Krim Obor Aice

Adalah Sylvana Zhong, Brand Manager Aice Group Holdings Pte Ltd, mengungkapkan bahwa pihaknya dalam bantuan donasi ini melakukan kerja sama dengan Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI), BPOM, ACT, dan IDF MUI sebagai bentuk kepedulian.

"Kami bersinergi untuk ikut membantu pemulihan kembali Lombok," ujarnya.

Untuk kegiatan ini, Aice mendonasikan uang sebesar Rp 1 miliar. Donasi dilakukan di Jakarta pada Jumat (9/11/2018).

Sementara itu, anggota-anggota GAPMMI  juga sudah melakukan donasi bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, serta BPOM.

Adhi S. Lukman, Ketua Umum GAPMMI, menyebut, anggota-anggota tersebut adalah Frisian Flag Indonesia, Niramas Utama, Nestle, Indofood, Nutrifood Indonesia, Garudafood, Amerta Indah Otsuka, Nirwana Lestari, Singamas Indonesia, Lautan Natural Krimerindo dan Lasallefood Indonesia.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.