Kompas.com - 23/10/2018, 16:49 WIB
Susunan pemain utama Timnas U-19 Korea Selatan pada pertandingan melawan Jordania di Stadion Patriot dalam lanjutan Piala AFC U-19 2018, 22 Oktober 2018. AFCSusunan pemain utama Timnas U-19 Korea Selatan pada pertandingan melawan Jordania di Stadion Patriot dalam lanjutan Piala AFC U-19 2018, 22 Oktober 2018.

 

KOMPAS.com - Laga timnas U-19 Korea Selatan (Korsel) melawan timnas U-19 Yordania di Piala Asia U-19 dinodai insiden salah memutar lagu kebangsaan.

Korsel menantang Yordania pada laga lanjutan Grup C di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin (22/10/2018) malam.

Seperti ritual sebelum pertandingan internasional pada umumnya, kedua kesebelasan berbaris di lapangan untuk menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing negara.

Para pemain timnas U-19 Korsel meletakkan tangan di dada mereka dan bersiap bernyanyi ketika musik mulai diputar. Namun, mereka urung bernyanyi dan tercengang bingung karena yang diputar bukan lagu kebangsaan Korsel "Aegukga", melainkan lagu kebangsaan Korea Utara (Korut).

Staf pelatih timnas U-19 Korsel segera memberi tahu ofisial pertandingan soal kesalahan lagu kebangsaan yang diputar. Lagu kebangsaan Korsel pun akhirnya berkumandang dan setelah itu laga dimulai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Korsel berhasil mengalahkan Yordania dengan skor 3-1 pada laga itu. Kemenangan ini membuat Korsel berada di puncak klasemen Grup C dengan raihan empat poin.

Baca juga: Piala Asia U-19, UEA Siapkan Ali Saleh untuk Hadapi Indonesia

 

Meski laga telah usai, timnas U-19 Korsel masih belum terima dengan insiden salah memutar lagu kebangsaan di turnamen internasional ini.

Federasi sepak bola Korsel mengatakan akan melayangkan komplain resmi ke Federasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait insiden ini.

"Ini kali pertamanya lagu kebangsaan Korut diputar, bukannya Aegukga, di pertandingan resmi untuk level apa pun di tim nasional sepak bola," kata Federasi sepak bola Korsel dalam sebuah pernyataan yang dirilis AFP.

Komite pertandingan Piala Asia U-19 di Indonesia mengakui kesalahan operator audio dalam memutar lagu kebangsaan.

Halaman:


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.