Kompas.com - 04/10/2018, 12:25 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat menerima kontingen timnas U-16 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10/2018). Dok. AntaranewsPresiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat menerima kontingen timnas U-16 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa bangganya atas perjuangan timnas U-16 Indonesia saat berlaga pada ajang Piala Asia U-16 2018 yang digelar di Malaysia sejak 20 September hingga 7 Oktober 2018.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menerima kontingen timnas U-16 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10/2018), didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

"Saya kira ada perjuangan yang mati-matian, saya senang banget ketika menang melawan Iran, kemudian imbang 0-0 melawan India," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Timnas Indonesia, Ini Sederet Pencapaian Garuda dari Berbagai Kelompok Umur pada 2018

"Saya pikir kita akan menang, tetapi masih perlu perjuangan, masih banyak kesempatan yang kita miliki untuk membuat timnas ini menjadi kebanggaan kita," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi optimistis bahwa skuad Garuda Asia ini akan menjadi kebanggaan Indonesia pada masa depan jika konsisten dalam semangat berlatih dan meraih prestasi serta ditambah dengan kerja sama pemerintah dalam menjaga para pemain.

"Saya optimistis timnas U-16 akan menjadi tim kebanggaan negara ini dalam 5, 10, 15 tahun yang akan datang," katanya menjelaskan.

"Saya titip kepada Pak Menpora agar tim ini betul-betul dijaga pemainnya, pelatihnya dijaga, ofisial juga dijaga agar tetap kompak terus menanjak ke umur U-19 nantinya, dan juga dijaga menginjak ke tim senior nantinya," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Timnas U-16 Indonesia - 5 Catatan Piala Asia, Vs Australia Lebih Baik dari India soal 2 Aspek

Presiden juga memberikan nasihat kepada para pemain timnas U-16 Indonesia untuk tetap menjaga semangat kerja keras mengejar prestasi dan tetap rendah hati ke depannya.

"Nanti misal sudah mulai banyak pendapatan, ditabung untuk masa depan. Jangan mengubah gaya hidup, tetap rendah hati, tetap kerja keras berjuang keras. Kalau ada pendapatan lebih ditabung," ujar Presiden Jokowi menasihati skuad Garuda Asia.

Sebelumnya, timnas U-16 Indonesia mengikuti ajang Piala Asia U-16. Namun, mereka tersingkir pada babak perempat final setelah kalah dari Australia dengan skor akhir 2-3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.