Kompas.com - 03/10/2018, 07:30 WIB
Menpora Imam Nahrawi saat berada di VIP Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru, Riau, Senin (24/9/2018). Kompas.com/Idon TanjungMenpora Imam Nahrawi saat berada di VIP Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru, Riau, Senin (24/9/2018).

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mendukung keputusan PSSI mencabut status penghentian Liga 1 pada Selasa (2/10/2018).

Namun, Imam Nahrawi tetap akan mengawasi jalannya kompetisi dan bakal bertindak tegas jika kembali menemukan pelanggaran.

Imam Nahrawi menyebut akan lebih ketat melakukan pengawasan terhadap perilaku suporter.

"Sebelumnya juga telah disepakati akan ada tindakan tegas atas nyanyian, koreografi, dan tulisan-tulisan berbau rasialis. Kami akan terus memantau dan menindak jika ada hal yang tidak sesuai dengan tata krama, norma, dan aturan main yang ada," ucap Imam Nahrawi dikutip dari BolaSport.com.

Baca juga: Mario Gomez Berharap Pendukung Persib Bandung Berhenti Nyanyikan Lagu Rasis

Selain mencabut status penghentian kompetisi, PSSI juga merilis hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Terdapat 28 sanksi yang diterbitkan dengan porsi terbanyak mengacu kepada laga Persib Bandung versus Persija Jakarta yang menewaskan satu suporter.

Imam Nahrawi berharap sanksi yang diterbitkan komdis menjadi sebuah aturan baku di masa mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika sanksi-sanksi yang diberikan telah dilakukan, mengapa tidak? Saya juga berharap sanksi ini bisa menjadi regulasi tetap dan berlaku bagi semua klub saat Liga 1 diputar kembali," tutur Imam Nahrawi.

Baca juga: Tanggapi Sanksi Persib, Tagar #BandungMelawan dan #LawanKemustahilan Jadi Trending

Setelah status penghentian Liga 1 dicabut, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyatakan siap menggelar kembali roda kompetisi. Liga 1 akan kembali bergulir pada Jumat (5/10/2018).

Seperti diketahui, Liga 1 dihentikan PSSI saat kompetisi memasuki pekan ke-23. (Verdi Hendrawan)

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Sanksi Pasca-Kematian Haringga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.