UEFA Akan Tambah Kompetisi Baru Setelah Liga Champions dan Liga Europa - Kompas.com

UEFA Akan Tambah Kompetisi Baru Setelah Liga Champions dan Liga Europa

Kompas.com - 12/09/2018, 06:26 WIB
Logo UEFA.Dok. UEFA Logo UEFA.

SPILT, KOMPAS.com - Presiden Asosiasi Klub Eropa (ECA), Andrea Agnelli, menyatakan bahwa Federasi Sepak Bola Eropa ( UEFA), akan segera meluncurkan kompetisi baru di bagi klub-klub Benua Biru meski sudah miliki kompetisi Liga Champions dan Liga Europa.

Kompetisi tersebut rencananya bakal dihelat mulai musim 2021-2022.

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan dua tahunan ECA, di Spilt, Kroasia, pada Selasa (11/9/2018).

"Lampu hijau untuk memperkenalkan kompetisi ketiga telah diperoleh, tetapi masih menunggu persetujuan dari Komite Eksekutif UEFA," tutur Andrea Agnelli, seperti dilansir BolaSport.com dari situs web Sky Sports.

Baca Juga: Gelandang Chelsea Ini Sebut Sergio Busquets Tinggi dan Kurus, tetapi...

"Secara keseluruhan kontestan kompetisi ini mencapai 96 klub pada musim 2021-2022," katanya menambahkan.

Andai benar-benar direstui, kompetisi usulan ECA ini akan menjadi ajang antarklub ketiga naungan UEFA setelah Liga Champions dan Liga Europa.

Munculnya ide untuk membentuk kompetisi ketiga ditengarai setelah UEFA dikabarkan akan mereduksi peserta Liga Europa. Semula, babak kualifikasi Liga Europa diikuti 48 klub, nantinya akan dikurangi menjadi 32 tim saja.

Selain itu, UEFA diduga berusaha untuk meningkatkan prestise Liga Europa demi peningkatan profit sekaligus menciptakan terobosan yang mampu menjadi wadah untuk menampung lebih banyak klub-klub Eropa melalui beragam kompetisi.

Baca Juga: Gelandang Chelsea Punya 2 Resep agar Timnas Inggris Jadi Tim Papan Atas Dunia

Andrea Agnelli, yang juga Presiden Juventus, menyatakan bahwa model kompetisi Eropa saat ini memang butuh modernisasi. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)


Komentar
Close Ads X