Joachim Loew Tak Berharap Mesut Oezil Kembali Bela Timnas Jerman

Kompas.com - 05/09/2018, 19:34 WIB
Pelatih Jerman, Joachim Loew (kiri) dan Mesut Oezil (kanan). Dok. FIFAPelatih Jerman, Joachim Loew (kiri) dan Mesut Oezil (kanan).

BERLIN, KOMPAS.com - Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, tidak mengharapkan Mesut Oezil kembali memperkuat Der Panzer setelah menyatakan pensiun.

Joachim Loew menyebutkan bahwa karier internasional Mesut Oezil sudah berakhir.

"Dalam pandangan saya, Mesut Oezil sudah dengan jelas menginginkan pensiun dan menutup pintu, jadi tak ada diskusi untuk kembali," kata Loew kepada Sport Bild dilansir dari FourFourTwo.

Baca juga: 5 Tantangan Ronaldo sebagai Pemilik Baru Klub La Liga Spanyol

Lebih lanjut, Loew sempat mencoba menghubungi Oezil namun gagal. Pelatih 58 tahun itu kecewa karena Oezil tidak memberitahu niatnya tersebut.

"Mesut tidak menelepon saya. Saya mencoba menghubunginya berkali-kali melalui pesan singkat dan telepon. Mesut sudah memutuskan jalannya. Saya harus menerimanya," ujarnya menambahkan.

Meski begitu, Loew tidak akan pernah melupakan memori indah bersama gelandang Arsenal itu ketika berhasil memenangkan Piala Dunia.

"Sudah sembilan tahun Oezil menjadi pemain saya. Kami memiliki banyak memori bersama. Beberapa buruk, namun lebih banyak bagusnya. Kami memenangkan Piala Dunia. Ini akan bertahan selamanya," ucapnya lagi.

"Saya masih menganggap dirinya pemain terhebat yang kami punya di Jerman dalam 20 bahkan 30 tahun terakhir. Suatu hari, kami akan bercengkerama. Saya harap dia mengabarkan kepada saya dan saya akan kecewa awalnya," katanya.

Baca Juga: Ini Syarat Agar Cristiano Ronaldo Jebol Gawang Manchester United

Oezil telah memutuskan pensiun dari timnas Jerman meski baru berusia 29 tahun. Di balik keputusan tersebut, setidaknya muncul tiga penyebab yang diyakini menjadi alasan kuat keputusan pensiun Oezil.

Selain hubungan tidak harmonis dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), ada isu rasial, hingga isu politik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X