Kompas.com - 27/08/2018, 14:56 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, melakukan selebrasi setelah memenangi laga babak final Australia Terbuka 2016 atas rekan senegara, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Laga yang digelar di Sydney Olympic Park, Minggu (12/6/2016), itu dimenangi Marcus/Kevin dengan 21-14, 21-15. BADMINTON INDONESIAPasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, melakukan selebrasi setelah memenangi laga babak final Australia Terbuka 2016 atas rekan senegara, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Laga yang digelar di Sydney Olympic Park, Minggu (12/6/2016), itu dimenangi Marcus/Kevin dengan 21-14, 21-15.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, memastikan diri melaju ke babak final Asian Games 2018, Senin (27/8/2018).

Kepastian ini membuat perolehan medali emas Indonesia akan bertambah satu. Pasalnya, akan terjadi all-Indonesian final.

Marcus/Kevin akan berhadapan dengan rekannya sesama pemain Pelatnas Cipayung, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardhianto. Fajar/Rian lolos setelah menyingkirkan unggulan kedua dari China, Li Jinhui/Liu Yuchen.

Bermain di Istora Senayan, Jakarta, Marcus/Kevin mengalahkan ganda Taiwan, Lee Jhehuei/ Lee Yang, dengan rubber game 21-15, 20-22, dan 21-12.

Baca juga: Menang di Istora, Fajar/Rian Sukses Balaskan Dendam atas Wakil China

Pertandingan ini berjalan ketat dengan tempo cepat sejak awal. Kejar-kejaran poin pun tidak terhindarkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada interval pertama, sangat jarang sekali terjadi reli panjang. Dalam tempo 7 menit, Marcus/Kevin yang mengandalkan serangan di depan net mampu unggul dengan skor 11-9.

Berlanjut ke interval kedua, Marcus/Kevin benar-benar tidak memberi kesempatan Lee/Lee untuk mengembangkan permainan.

Kevin yang didapuk menjadi play maker bermain sangat efektif di depan net. Marcus/Kebin pada akhirnya berhasil menang di gim pertama dengan skor 21-15.

Di gim kedua, Lee/Lee memberi peralawan untuk Marcus/Kevin. Kedudukan sempat imbang 5-5 dan berakhir ketat 11-9 untuk keunggulan Marcus/Kevin di interval pertama.

Baca juga: Bulu Tangkis Asian Games 2018 - Jonatan Christie Amankan Tiket Final

Selepas interval, Lee/Lee terus menerus menekan hingga memaksa Marcus/Kevin melanjutkan laga ke gim ketiga. Lee/Lee menang di gim kedua dengan skor 22-20.

Pada gim penentuan, Marcus/Kevin bermain lebih cepat dari gim kedua. Sempat sengit di kedudukan 5-5, pasangan nomor satu dunia ini mengunci interval pertama dengan skor 11-9.

Perolehan poin Marcus/Kevin semakin tidak terbendung setelah interval. Marcus/Kevin akhirnya menang dengan skor 21-12.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.