Kalahkan Real Madrid dalam 120 Menit, Atletico Juara Piala Super Eropa

Kompas.com - 16/08/2018, 04:45 WIB
Para pemain Atletico Madrid merayakan gelar Piala Super Eropa seusai mengalahkan Real Madrid di Talinn, 15 Agustus 2018. AFP/JAVIER SORIANOPara pemain Atletico Madrid merayakan gelar Piala Super Eropa seusai mengalahkan Real Madrid di Talinn, 15 Agustus 2018.

TALINN, KOMPAS.com — Atletico Madrid menjadi kampiun Piala Super Eropa 2018 setelah menang 4-2 atas Real Madrid pada pertandingan selama 120 menit di Stadion Lillekula alias A Le Coq Arena, Estonia, Rabu (15/8/2018) atau Kamis dini hari WIB. 

Pertandingan harus ditentukan melalui perpanjangan waktu setelah Real Madrid versus Atletico Madrid bermain imbang 2-2 selama 90 menit.

Atletico unggul terlebih dahulu berkat gol tercepat sepanjang sejarah Piala Eropa yang dicetak Diego Costa pada menit pertama.

Baca juga: Kalah dari Palestina, Timnas U-23 Indonesia Ulang Hasil Buruk Lima Tahun Silam

Berdasarkan data dari UEFA, gol tersebut lahir pada detik ke-50 atau yang tercepat pada sepanjang sejarah Piala Super Eropa.

Real Madrid sempat membalikkan keadaan. Skor berubah sama kuat setelah sundulan Karim Benzema menggetarkan jala gawang Atletico pada menit ke-27.

Pasukan Julen Lopetegui lantas mendapat penalti pada menit ke-62 setelah bek Atletico, Juanfran, menyentuh bola di kotak terlarang. Sergio Ramos sebagai eksekutor tanpa cela menjalankan tugasnya dan membuat Real Madrid unggul 2-1.

Diego Costa kembali menjadi lakon utama Atletico. Gol penyama kedudukan dia pada menit ke-79 memaksa pertandingan berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Baca juga: Pemain Palestina Pembobol Gawang Timnas U-23 Indonesia Ternyata Jebolan Liga Jerman

Diego Costa melakukan tendangan salto sementara Raphael Varane hanya bisa mengamati saat Real Madrid berjumpa Atletico Madrid pada final Piala Super Eropa di Stadion Lillekula, 15 Agustus 2018. AFP/RAIGO PAJULA Diego Costa melakukan tendangan salto sementara Raphael Varane hanya bisa mengamati saat Real Madrid berjumpa Atletico Madrid pada final Piala Super Eropa di Stadion Lillekula, 15 Agustus 2018.

Atletico berhasil mencetak dua gol pada masa perpanjangan waktu melalui Saul Niguez (98') dan Koke (104'). Atletico Madrid keluar sebagai juara Piala Super Eropa 2018 berkat kemenangan 4-2.

Bagi Atletico, ini adalah gelar ketiga Piala Super Eropa setelah 2010 dan 2012. Mereka mencatat rekor 100 persen di Piala Super Eropa. 

Hasil ini juga membuat Real Madrid gagal menyamai catatan lima trofi AC Milan dan Barcelona. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X