Kompas.com - 11/12/2017, 15:08 WIB
Iwan Setiawan, pelatih Pusamania Borneo FC memuji kepemimpinan wasit asing yang memimpin di Madura, Jumat (13/10/2017). KOMPAS.com/TaufiqurrahmanIwan Setiawan, pelatih Pusamania Borneo FC memuji kepemimpinan wasit asing yang memimpin di Madura, Jumat (13/10/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan, kembali mengungkapkan hal yang cukup mengkagetkan. Kali ini, Iwan mengatakan bahwa dia menemukan sebuah fakta kebohongan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi tentang wasit asing yang mempimpin Liga 1 2017.

Menurut Iwan, tak semua wasit asing yang didatangkan PT LIB merupakan wasit FIFA. Mantan pelatih Persebaya Surabaya itu sudah mengecek bahwa ada beberapa wasit yang hanya rekomendasi dari negaranya.

(Baca Juga: Dua dari Trio Brasil Kejayaan Mitra Kukar Merapat ke Arema FC, Akankah Sang Bomber Ikut Serta?)

"Yang jelas saya setuju untuk mendatangkan kembali wasit asing, tetapi harus diseleksi dengan ketat," kata Iwan.

"Karena boleh dicek wasit asing dari Kirgiztan ternyata bukan wasit FIFA. Ternyata mereka hanya mendapatkan rekomendasi dari federasi sepak bola mereka."

"Kenapa PT LIB mengambil wasit seperti itu? Karena kompetisi musim 2017 hanya beberapa wasit asing yang dari FIFA."

Iwan sangat mendukung adanya wasit asing yang bertugas di kompetisi Indonesia pada kompetisi musim 2018. Menurutnya, wasit asing bisa menjadi contoh baik untuk wasit-wasit Indonesia.

(Baca Juga: Dua dari Trio Brasil Kejayaan Mitra Kukar Merapat ke Arema FC, Akankah Sang Bomber Ikut Serta?)

Namun mantan pelatih Persija Jakarta itu hanya berpesan agar PT LIB mampu mencari wasit-wasit asing dari FIFA. Sebab, Iwan merasakan ada beberapa pelatih yang dirugikan dengan adanya wasit asing.

"Saya setuju karena penting mendatangkan wasit asing agar jadi contoh teladan tetapi apa yang dilakukan PT LIB itu bukan wasit asing terbaik," ungkapnya.

"Banyak pelatih yang melihat kepemimpinan wasit asing kacau."



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X