Kompas.com - 27/07/2017, 16:43 WIB
Manager Persib Bandung Umuh Muchtar saat menjenguk Ricko Andrean di RS Santo Yusuf Bandung, Senin (23/7/2017). Ricko adalah salah seorang bobotoh korban pengeroyokan salah sasaran pada pertandingan sepak bola antara Persib kontra Persija. KOMPAS. com/DENDI RAMDHANIManager Persib Bandung Umuh Muchtar saat menjenguk Ricko Andrean di RS Santo Yusuf Bandung, Senin (23/7/2017). Ricko adalah salah seorang bobotoh korban pengeroyokan salah sasaran pada pertandingan sepak bola antara Persib kontra Persija.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Tragedi. Ini peristiwa yang menyedihkan. Duka mendalam bagi sepak bola dan rasa kemanusiaan.

Seorang insan, Ricko Andrean, meninggal dunia karena menjadi korban salah sasaran pengeroyokan.

Apa dasar pengeroyokan itu? Jika mengacu kepada apa yang diberitakan, itu terjadi karena kesalahpahaman soal identitas pendukung dari klub sepak bola mana.

Namun, sesungguhnya, rasa kemanusiaan yang telah matilah sebab utamanya.

Nama lengkapnya Ricko Andrean Maulana. Pria berusia 22 tahun itu adalah seorang suporter klub Persib Bandung yang biasa disebut dengan bobotoh.

Sabtu (22/7/2017), Persib kedatangan lawan bebuyutan, yakni Persija Jakarta, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada lanjutan laga Liga 1.

Biasanya, untuk duel klasik tersebut, pertandingan tidak hanya terjadi antar-kedua pemain di atas lapangan.

Namun, "laga" pun kerap melibatkan pendukung kedua tim, bobotoh dan Jakmania.

Berbagai persiapan pun dilakukan terkait antisipasi untuk pertandingan tersebut, baik oleh pihak kedua tim, kepolisian, maupun pejabat setempat.

Baca juga: Ridwan Kamil Undang Viking Bahas Laga Persib Vs Persija

Hari pertandingan. Sebagai seorang bobotoh sejati, Ricko pun tak melewatkan laga itu. Jangankan lawan Persija, saat Persib melawan tim lain pun, dia selalu menyempatkan diri hadir di stadion.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.