Keinginan Robben dan Sneijder Bantu Belanda Cari Pelatih

Kompas.com - 30/03/2017, 06:06 WIB
Danny Blind, Arjen Robben, dan Joel Veltman tampak berdiskusi pada sela-sela pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Bulgaria dan Belanda di Sofia, Sabtu (25/3/2017). AFP/DIMITAR DILKOFFDanny Blind, Arjen Robben, dan Joel Veltman tampak berdiskusi pada sela-sela pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Bulgaria dan Belanda di Sofia, Sabtu (25/3/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Dua pemain senior timnas Belanda yakni, Arjen Robben dan Wesley Sneijder, menyatakan keinginan mereka untuk terlibat dalam pencarian pelatih baru.

Kursi pelatih De Oranje kosong pasca-pemecatan Danny Blind. Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengambil keputusan setelah Arjen Robben dan kawan-kawan takluk 0-2 dari Bulgaria pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Sabtu (25/3/2017).

Rapor Belanda memang kebakaran saat dipoles Blind. Pelatih berusia 55 tahun itu gagal membawa pasukannya lolos ke putaran final Piala Eropa 2016.

Agar tak salah pilih, Robben dan Wesley Sneijder siap membantu tugas federasi dalam menyeleksi pengganti Blind.

"Saya dan Sneijder telah mengindikasikan bahwa kami ingin terlibat dalam proses monitor. Kami sudah lama berada di tim dan memiliki ide," ucap Robben, pemilik 90 caps bersama timnas Belanda, seperti dikutip Algemeen Dagblad.

Louis van Gaal muncul sebagai kandidat favorit suksesor Blind. Si Tulip Besi, demikian ia dijuluki, pernah menangani Belanda selama dua periode (2000–2002 dan 2012–2014).

Pencapaian terbaik Tim Oranye di bawah arahan Van Gaal adalah menempati peringkat ketiga pada Piala Dunia 2014.

"Louis van Gaal? Kami belum mengajukan nama. Itu masih terlalu dini," kata Robben.

KNVB tak perlu buru-buru dalam mencari pelatih baru. Mereka masih punya waktu tiga bulan sebelum timnas Belanda turun dalam laga resmi melawan Luksemburg pada Kualifikasi Piala Dunia 2018, 9 Juni 2017.



Sumber JUARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X