Daftar Transfer Musim Panas 2016 di Klub Teras La Liga

Kompas.com - 01/09/2016, 09:08 WIB
Andre Gomes menjalani sesi perkenalan sebagai pemain baru Barcelona di Stadion Camp Nou, Rabu (27/7/2016). LLUIS GENE/AFPAndre Gomes menjalani sesi perkenalan sebagai pemain baru Barcelona di Stadion Camp Nou, Rabu (27/7/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Berbeda dibandingkan dengan di Inggris atau di Italia, bursa transfer di Divisi Primera La Liga - kasta teratas Liga Spanyol - berlangsung adem ayem. Tak ada pembelian besar pada bursa transfer Divisi Primera La Liga hingga penutupan pada Rabu (31/8/2016).

Hal itu juga bisa dilihat dari penurunan jumlah pengeluaran transfer 20 klub La Liga. Meski tidak terlalu signifikan, apabila dibandingkan musim sebelumnya, terjadi penurunan jumlah biaya pembelian pemain.

Berdasar Transfermarkt, musim ini 20 klub La Liga "hanya" mengeluarkan 448,9 juta euro (Rp 7,83 triliun) untuk belanja pemain. Jumlah itu merupakan yang terendah sejak musim panas 2012.

Pada awal musim 2012-2013, klub-klub La Liga hanya berbelanja 217,47 juta euro. Dua klub raksasa, Barcelona dan Real Madrid, saat itu masing-masing cuma berbelanja 33 juta euro.

Musim lalu, klub-klub La Liga lebih boros 20 juta euro. Pada musim panas 2014, mereka bahkan mengeluarkan dana hingga 574,74 juta euro untuk merekrut pemain-pemain baru.

Penurunan jumlah total pengeluaran transfer ini tak lepas dari adem-ayemnya Real Madrid di bursa. Pasukan Zinedine Zidane hanya berbelanja 30 juta euro untuk memboyong kembali Alvaro Morata dari Juventus.

Rival Real Madrid, Barcelona, menjadi klub paling boros. Klub raksasa asal Catalan itu menghabiskan 122,75 juta euro untuk memboyong Andre Gomes, Paco Alcacer (Valencia), Samuel Umtiti (Lyon), Lucas Digne (PSG), Jasper Cillessen (Ajax), dan Denis Suarez (Villarreal).

Andre Gomes menjadi pemain yang paling mahal pada bursa transfer musim panas di La Liga kali ini. Nilai transfer dia mencapai 35 juta euro. 

Setelah Barcelona, Atletico Madrid menjadi klub terboros kedua. Mereka menghabiskan 81 juta euro untuk mendatangkan Kevin Gameiro (Sevilla), Nico Gaitan (Benfica), Sime Vrsalijko (Sassuolo), Diogo Jota (Pacos Ferreira), dan Axel Werner (Rafaela).

Sementara itu, ada tiga klub La Liga yang berbelanja kurang dari satu juta euro pada musim panas ini. Bahkan, Athletic Bilbao sama sekali tak mengeluarkan biaya transfer karena mengandalkan pemain jebolan akademi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X