Griezmann Bisa Dobrak Dominasi Ronaldo-Messi di Ballon d'Or

Kompas.com - 10/07/2016, 20:44 WIB
Penyerang Perancis, Antoine Griezmann, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Albania pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Eropa 2016 di Stadion Velodrome, Marseille, Rabu (15/6/2016). FRANCK FIFE/AFPPenyerang Perancis, Antoine Griezmann, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Albania pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Eropa 2016 di Stadion Velodrome, Marseille, Rabu (15/6/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Antoine Griezmann pantas menjadi nomine FIFA Ballon d'Or. Pendapat tersebut diutarakan manajer Arsenal, Arsene Wenger, dan Blaise Matuidi, rekan setim Griezmann di tim nasional Perancis.

Performa Griezmann sepanjang musim 2015-2016 memang fenomenal. Dia membawa Atletico Madrid bersaing ketat dengan Barcelona dan Real Madrid dalam perebutan gelar juara Divisi Primera La Liga.

Griezmann pun mengantarkan Atletico ke final Liga Champions. Akan tetapi, pada dua ajang itu, dia gagal menjadi yang terbaik bersama timnya.

Kesempatan ketiga datang di Piala Eropa 2016. Bersama Perancis, Griezmann melangkah ke final. Mereka akan menantang Portugal yang dikapteni Cristiano Ronaldo, lawan Griezmann di final Liga Champions.

Penampilan Griezmann juga fenomenal. Pemain berusia 25 tahun itu membukukan 6 gol, termasuk dua gol kemenangan timnya pada semifinal menghadapi Jerman, Kamis (7/7/2016).

"Menurut saya, Griezmann menjadi salah satu kandidat peraih Bola Emas," kata Wenger soal kemungkinan Griezmann menjadi pemain terbaik di Piala Eropa 2016 kepada Konbini, seperti dilansir dari FourFourTwo, Minggu (10/7/2016).

Wenger juga menyamakan Griezmann dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, dua pemain yang bergantian meraih trofi Ballon d'Or sejak 2008.

"Di Spanyol, dia tidak jauh dari Ronaldo dan Messi. Soal umur, Griezmann lebih unggul. Di Piala Eropa, dia sudah mencetak 6 gol dan sejumlah assist. Statistik itu punya makna besar," tutur Wenger.

"Musim ini, dia melangkah ke final Liga Champions dan mencetak gol pada sejumlah laga besar. Hal itu terlepas dari 22 gol di La Liga. Jadi, mengapa dia tidak bisa menjadi kandidat peraih Ballon d'Or?" ucapnya lagi.

Dukungan juga diberikan oleh Matuidi. Dia yakin Griezmann bisa mengikuti jejak dua pendahulunya di Les Bleus, julukan timnas PErancis.

"Saya pikir dia adalah kandidat Ballon d'Or. Jika diminta untuk melakukan voting, saya akan memilih dia," tutur Matuidi seperti dikutip AS.

Sejarah mencatat ada 4 pemain Perancis yang pernah menerima bola emas. Mereka adalah Raymond Kopa, Michel Platini, Jean-Pierre Papin, dan Zinedine Zidane.

Sejak Kaka meraihnya pada 2007, hanya ada Messi dan Ronaldo yang bergantian meraih trofi Ballon d'Or. Tahun ini, nama Griezmann juga Gareth Bale bisa menjadi nomine kuat mengingat performanya di Piala Eropa 2016.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X