Kompas.com - 24/06/2016, 17:37 WIB
Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo saat masih bersama di Manchester United Dok. TelegraphSir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo saat masih bersama di Manchester United
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Transfer Cristiano Ronaldo ke Manchester United dan Thierry Henry ke Arsenal bisa saja gagal terealisasi apabila Inggris tidak tergabung dalam Uni Eropa.

Sebab, dua nama terakhir belum memenuhi syarat penampilan bersama tim nasional sebelum pindah ke Premier League.

Selama ini, pemain dari negara Uni Eropa memang mendapatkan kemudahan untuk pindah ke kompetisi kasta teratas Inggris. Mereka tidak memerlukan syarat penampilan tim nasional untuk mendapatkan izin kerja.

Beda dengan pemain dari negara non-Uni Eropa. Untuk bergabung dengan tim Premier League, mereka harus melakoni laga bersama tim nasional dalam jumlah tertentu.

Jumlahnya beragam bergantung peringkat negara di FIFA, mulai dari 30 persen hingga 75 persen.

Kalau saja hasil referendum memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan British Exit (Brexit), pemain-pemain Eropa juga harus memenuhi syarat tersebut.

Berikut ini adalah deretan pemain yang bisa batal ke Premier League kalau Brexit diputuskan pada masa lalu:

Cristiano Ronaldo

Manchester United merekrut Cristiano Ronaldo dari Sporting Clube de Portugal pada 12 Agustus 2003. Ketika itu, dia belum mengukir debut bersama tim nasional senior.

Kesempatan tersebut baru didapatkan Ronaldo saat Portugal melawan Kazakhstan, satu pekan setelah merampungkan tansfer dengan Man United.

Juara Danurwindo - Menjadi Pelatih

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.