Kompas.com - 08/06/2016, 09:01 WIB
Clint Dempsey merayakan gol pertama Amerika Serikat ke gawang Kosta Rika pada lanjutan Copa America Centenario, Selasa (7/6/2016). OMAR TORRES/AFPClint Dempsey merayakan gol pertama Amerika Serikat ke gawang Kosta Rika pada lanjutan Copa America Centenario, Selasa (7/6/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

CHICAGO, KOMPAS.com — Tim nasional Amerika Serikat (AS) menjaga peluang lolos dari Grup A Copa America Centenario setelah meraih kemenangan telak atas Kosta Rika pada pertandingan di Soldier Field, Selasa (7/6/2016) atau Rabu pagi WIB.

The Sam's Army, julukan timnas Amerika Serikat, menang telak 4-0 atas Kosta Rika pada pertandingan lanjutan Grup A. Tiga gol kemenangan AS dicetak oleh Clint Dempsey melalui titik putih (9'), Jermaine Jones (37'), Bobby Wood (42'), dan Graham Zusi (87').

Pada laga ini, Kosta Rika sebenarnya mempunyai penguasaan bola dan peluang lebih banyak dibandingkan Amerika Serikat. Mereka mendominasi dengan 59 persen penguasaan bola. 

Namun, AS yang bertindak sebagai tuan rumah Copa America Centenario lebih bisa memanfaatkan kesempatan. AS punya 12 peluang berbanding tujuh milik Kosta Rika. 

Sempat menekan pada awal-awal laga, Kosta Rika justru harus mengalami kenaasan ketika pemain AS, Bobby Wood, jatuh di kotak terlarang pada menit ketujuh. Para pemain Kosta Rika sempat melakukan protes.

Wasit bergeming pada putusannya. Clint Dempsey yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat timnya unggul.

Pada menit ke-37, giliran Dempsey menjadi kreator gol kedua AS. Umpan dia diselesaikan Jones lewat tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok gawang Kosta Rika.

Lima menit berselang, giliran Wood yang memanfaatkan umpan Dempsey. Tendangan dia tak kuasa ditahan oleh kiper Patrick Pemberton. Skor 3-0 untuk keunggulan AS.

Pertandingan ini berlangsung keras. Wasit kerap meniup peluit lantaran terjadinya pelanggaran. Bahkan, Marco Urena (Kosta Rika) harus ditandu keluar pada menit ke-18 lantaran cedera.

Pada babak kedua, sejumlah peluang dimiliki kedua tim. Namun, baru tiga menit menjelang akhir pertandingan, ada gol yang tercipta. Zusi menggenapkan kemenangan AS menjadi 4-0 atas Kosta Rika.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.