Jelang Derbi Merseyside, Klopp Minta Pemain Liverpool Kalem

Kompas.com - 20/04/2016, 07:07 WIB
Juergen Klopp (hitam) sempat kehilangan kacamatanya saat merayakan gol kelima Liverpool ke gawang Norwich City pada lanjutan Premier League di Stadion Carrow Road, Sabtu (23/1/2016). LINDSEY PARNABY/AFPJuergen Klopp (hitam) sempat kehilangan kacamatanya saat merayakan gol kelima Liverpool ke gawang Norwich City pada lanjutan Premier League di Stadion Carrow Road, Sabtu (23/1/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Para pemain Liverpool diminta manajer Juergen Klopp untuk tetap bisa mengontrol emosi pada laga derbi melawan Everton, Rabu (20/4/2016) malam.

The Reds, julukan Liverpool, akan menjamu tim sekotanya di Stadion Anfield. Klopp sudah mewanti-wanti anak-anak asuhannya untuk tidak bermain keras demi terhindar dari hukuman kartu.

Persaingan dua klub sekota ini telah menghasilkan lebih dari 20 kartu merah sejak awal Premier League pada 1992. Karena itulah, Klopp ingin timnya tetap bisa bermain dengan kepala dingin dan menghadapi tekanan secara profesional.

"Saya tak ingin melihat permainan keras itu. Mungkin satu atau dua suporter menginginkannya, tetapi itu tak akan membantu," ujar Klopp pada jumpa pers jelang pertandingan seperti dilansir Reuters.

"Saya paham keagresifan hanya mengarah ke satu hal, yaitu melukai diri sendiri, bukan orang lain," kata mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Klopp sudah tak asing dengan derbi sekota. Dia telah berulang kali membawa Dortmund bertarung melawan Schalke 04 dalam Derbi Lembah Ruhr di Bundesliga, tetapi tak pernah ingin melihat partai keras terjadi.

Fokus pertama Liverpool saat ini adalah mengatasi selisih poin dengan tim-tim di zona Eropa. Sekalipun telah melaju ke semifinal Liga Europa dan akan menatang Villarreal, Klopp meminta para pemainnya untuk saat ini tetap fokus kejar poin di Premier League.

"Tak ada seorang pun dalam ruang ganti yang berpikir tentang Liga Europa," kata Klopp.

Liverpool saat ini berada di peringkat ke-8, lebih unggul tiga posisi di atas Everton. Klopp mengaku tak ingin menyimpan pemain melawan Bournemouth untuk partai semifinal Liga Europa.

"Kami merasa percaya diri sebelum laga melawan Bournemouth dan hal sama juga terjadi melawan Everton. Tak ada yang akan diistirahatkan," ucap dia.

"Kami punya delapan partai, tetapi berharap ada sembilan (final Europa). Namun, hal itu bukan berarti kami harus menyimpan pemain selama dua pekan," tuturnya lagi.

Jatah untuk lolos ke Liga Europa dari Premier League berjumlah tiga tiket. Jatah itu untuk tim posisi kelima, juara Piala Liga, dan Piala FA.

"Kami perlu mencoba segalanya untuk mendapat posisi terbaik. Kami mungkin bisa finis di peringkat kelima," ujar Klopp. 

Saat ini, dengan 51 poin, Liverpool berjarak lima angka dari Manchester United. Namun, The Reds punya tabungan satu laga. (Suryo Wahono) 

Juara Preview Partai Tunda Premier League (Rabu)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X