Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Tercantum di "Panama Papers", Federasi Sepak Bola Argentina Buka Suara

Kompas.com - 07/04/2016, 13:59 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber JUARA

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memberikan dukungan kepada Lionel Messi yang tercantum dalam laporan bertajuk "Panama Papers".

Menurut dokumen rahasia itu, Messi mendirikan perusahaan offshore bernama Mega Star Enterprises pada Juni 2013. Dia turut menggunakan jasa firma hukum asal Panama, Mossack Fonseca.

Di dalamnya, Messi ditengarai menyimpan sejumlah uang yang didapatkan dari hak citra. Ada dugaan, Messi melakukan ini demi menghindari beban pajak.

Melalui pernyataan resminya, AFA menampik tudingan terhadap Messi.

"Sehubungan dengan skandal Panama Papers, Presiden AFA Luis Segura merasa wajib menunjukkan dukungannya untuk Lionel Messi, kapten dan simbol tim nasional Argentina," bunyi pernyataan AFA.

"Segura mengambil langkah ini setelah bersepakat dengan para pimpinan dan anggota komunitas sepak bola Argentina. Dalam organisasi ini, ada rasa percaya terhadap kehormatan keluarga Messi dan dukungan bahwa dia tidak bersalah," demikian pernyataan itu.

Messi bukan satu-satunya pesepak bola yang disebut dalam dokumen tersebut. Ada 13 pemain lain, kebanyakan di antaranya merupakan eks anggota Real Sociedad.

Presiden FIFA Gianni Infantino dan anggota Komite Etik Independen, Juan Pedro Damiani, turut tercantum dalam daftar. Nama terakhir telah mengundurkan diri dari FIFA terhitung pada Rabu (6/4/2016). (Lariza Okky Adisty)

Kompas TV "Panama Papers" Ungkap Praktik Kotor Keuangan - Bag. 1
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com